Avista, Intan Irene (2013) Proses Komunikasi Pariwisata oleh Badan Promosi Pariwisata Sumatera Barat. S1 thesis, Universitas Andalas.
![]() |
Text (Skripsi Full Teks)
ILMU SOSIAL DAN ILMU POLITIK ILMU KOMUNKASI 2013 INTAN IRENE AVISTA 0810862035.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (4MB) |
Abstract
Pariwisata merupakan salah satu sektor yang memiliki peranan penting dalam kesejahteraan dan perekonomian suatu negara. Pengeloiaan pariwisata yang baik tentunya dapat menambah devisa negara, sehingga tak heran sektor pariwisata menjadi prioritas pembangunan oleh pemerintah. Bagi Sumatera Barat (Sumbar) sektor pariwisata merupakan penyumbang kedua terbesar dalam Pendapatan Domestik Regional Brute (PDRB). Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan strategi promosi yang dirancang oleh Badan Promosi Pariwisata Siamatera Barat (BPPD Sumbar) dan proses komunikasi yang berlangsung dalam promosi pariwisata. Adapun pendekatan penelitian ini adalah pendekatan penelitian kualitatif deskriptif. Untuk menganalisis basil penelitian digunakan konsep Bauran Promosi dan model komunikasi Lasswell. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah wawancara dengan empat orang pengurus BPPD Sumbar, observasi dan studi dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa BPPD Sumbar melaksanakan strategi promosi melalui periklanan berupa baliho, promosi penjualan berupa pameran dagang West Sumatera Corporate and Mice Trove/Afort (WSCMTM) pada 15-17 November 2012 di Hotel Grand Tnna Muara dan Kota Sawahlunto, selain itu BPPD Sumbar melakukan strategi promosi melalui hubungan masyarakat dengan menerbitkan press release pada acara WSCMTM. Dalam pelaksanaan strategi promosi BPPD Simibar tidak terlepas dari proses komunikasi. BPPD Sumbar turut bekerjasama dengan Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Sumatera Barat dan pelaku usaha pariwisata dalam memberikan informasi mengenai pariwisata Sumbar kepada calon wisatawan dengan efek meningkatkan tingkat kunjungan wisatawan dan citra positif Sumbar.
Item Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Supervisors: | Yuliandre Darwis, Ph.D.,; Yesi Puspita, M.Si |
Uncontrolled Keywords: | Strategi Promosi, Proses Komunikasi, Bauran Promosi, Model Komunikasi Lasswell |
Subjects: | J Political Science > JA Political science (General) |
Divisions: | Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > S1 Ilmu Komunikasi |
Depositing User: | Pustakawan Marne Dardanellen |
Date Deposited: | 03 Jul 2025 07:28 |
Last Modified: | 03 Jul 2025 07:28 |
URI: | http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/500140 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |