Tanggung Jawab PT. Tekomsel Bagi Kerugian Konsumen Pengguna Jasa Telkomsel (Studi Kasus Pada Masyarakat Kota Solok)

Cici, Fatiah Isfandiary (2011) Tanggung Jawab PT. Tekomsel Bagi Kerugian Konsumen Pengguna Jasa Telkomsel (Studi Kasus Pada Masyarakat Kota Solok). S1 thesis, Universitas Andalas.

[img] Text (Full Text)
S1 Hukum 2011 Cici Fatiah Isfandiary 07940217.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

Telkomsel merupakan perusahaan operator yang bergerak di bidang bisnis telekomunikasi. Sebagai perusahaan operator terdepan di Indonesia dan mempunyai jumlah pelanggan yang sangat besar, tak jarang telkomsel memiliki permasalahan dalam memberikan tanggung jawab kepada konsumen dalam pelayanan maupun produk yang diberikan. Tak jarang juga konsumen merasa di rugikan dalam hal ini. Adapun yang menjadi permasalahan yang akan dibahas dalam skripsi ini adalah bagaimana bentuk dan pelaksanaan tanggung jawab PT. Telkomsel bagi konsumen pengguna Jasa telkomsel di Kota Solok, apa upaya hukum yang dapat dilakukan konsumen jika terjadi pelanggaran terhadap hak - hak konsumen di Kota Solok, dan apa kendala yang di hadapi Telkomsel Kota Solok dalam memberikan perlindungan hukum terhadap konsumen dan solusinya. Metode yang digunakan dalam penulisan skripsi ini adalah yuridis sosiologis yang bersifat deskriptif. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah studi dokumen dan wawancara , kemudian data yang telah terkumpul dianalisis secara kualitatif. Dari hasil penelitian yang penulis lakukan pada Telkomsel Kota Solok dapat diketahui bahwa Telkomsel Kota Solok dalam memberikan tanggung jawab di mulai dari meningkatkan kualitas produk serta meningkatkan nilai citra perusahaan melalui promosi dan sebagainya. Upaya yang dapat dilakukan konsumen jika terjadi pelanggaran hak - hak konsumen yaitu dengan memberi laporan melalui call center 116 atau secara langsung memberikan laporan langsung ke Customer Service yang ada di PT. Telkomsel , disana Customer Service akan memberikan solusi terhadap setiap laporan keluhan yang dilakukan oleh komsumen. Dan konsumen dapat menempuh jalur hukum atas kerugian yang di deritanya sesuai dengan Undang - Undang nomor 8 tahun 1999 tentang Perlindungan Konsumen, yang dapat di tempuh melalui penyelesaian sengketa melalui pengadilan atau dapat juga melalui luar pengadilan. Dalam pelaksanaan tanggung jawabnya PT. Telkomsel menemukan beberapa kendala yang di hadapi salah satu kendala yang paling utama yaitu kurangnya kesadaran oleh konsumen itu sendiri akan hak - hak yang dimilikinya. Terkadang konsumen tidak menyadari bahwa mereka memiliki hak - hak yang penting untuk di perjuangkan. Hal ini disebabkan oleh pengetahuan masyarakat Kota Solok yang masih kurang mengenai hukum perlindungan konsumen.

Item Type: Thesis (S1)
Supervisors: Linda Elmis, SH, MH ; Wetria Fauzi, SH, MH
Subjects: K Law > K Law (General)
Divisions: Fakultas Hukum > S1 Hukum
Depositing User: TID Rafiqatul Fikri
Date Deposited: 25 Jun 2025 03:44
Last Modified: 25 Jun 2025 03:44
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/500007

Actions (login required)

View Item View Item