Representasi Konsumerisme Dalam Video Gangnam Style (Analisis Semiotika)

Okditazeini, Vannyora (2013) Representasi Konsumerisme Dalam Video Gangnam Style (Analisis Semiotika). S1 thesis, Universitas Andalas.

[img] Text (Skripsi Full Teks)
ILMU SOSIAL DAN ILMU POLITIK ILMU KOMUNIKASI 2013 VANNYORA OKDITAZEINI 0910862043.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (5MB)

Abstract

Penelitian ini membahas tentang representasi konsumerisme dalam video Gangnam Style dilihat dari tanda dan simbol yang terdapat di dalam video. Video ini mengkntik kehidupan materialis dan konsumtif masyarakat Korea Selatan. Metode penelitian yang digunakan adalah metode semiotika oleh Roland Barthes yang membagi sistem penandaan menjadi denotasi dan konotasi. Teori konsumerisme digunakan untuk menganalisis pemaknaan video terhadap representasi konsumerisme. Konsumerisme dalam perspektif Baudrillad dipandang sebagai kegiatan berkonsumsi masyarakat yang tidak lagi memandang suatu objek berdasarkan nilai guna {use value) atau nilai tukar {exchange value) tetapi lebih kepada nilai sirabolis {symbolic value), masyarakat yang mengejar le salut (keselamatan) yang diukur dari kebahagiaan atas kemapanan, dan membuat perbedaan kelas sosial {distinction) dari gaya hidup. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa konsumerisme dalam video ini direpresentasikan sebagai wadah untuk manipulasi diri demi menyeimbangkan kelas sosial yang dilihat dari kegiatan berkonsumsi yang dilakukan dan pilihan terhadap gaya hidup. Konsumerisme dalam budaya Korea Selatan menumbuhkan istilah Gold Misters dan Gold Misses sebagai sosok pria dan wanita sempuma Gangnam. Di lain sisi juga menumbuhkan istilah Doenjang Girls dan Gochujangnam sebagai sosok masyarakat Korea Selatan yang ingin terlihat seperti masyarakat Gangnam sebagai kelas dominan dengan memanipulasi diri mengikuti gaya hidup masyarakat Gangnam walaupun tidak pantas untuk terlihat seperti itu.

Item Type: Thesis (S1)
Supervisors: Dr. Asmawi, MS.,; Yayuk Lestari, S.Sos, MA
Uncontrolled Keywords: Gangnam, Representasi, Konsumerisme
Subjects: J Political Science > JA Political science (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > S1 Ilmu Komunikasi
Depositing User: Pustakawan Marne Dardanellen
Date Deposited: 24 Jun 2025 03:11
Last Modified: 24 Jun 2025 03:11
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/499938

Actions (login required)

View Item View Item