Strategi Promosi Dinas Kebudayaan dan Pariwisaia Provinsi Sumalera Barat Meialui Media Promosi daJam event Tour de Singkarak untuk membentuk Branding Identity Sumatera Barat

Sari, Regina Prafita (2013) Strategi Promosi Dinas Kebudayaan dan Pariwisaia Provinsi Sumalera Barat Meialui Media Promosi daJam event Tour de Singkarak untuk membentuk Branding Identity Sumatera Barat. S1 thesis, Universitas Andalas.

[img] Text (Skripsi Full Teks)
ILMU SOSIAL DAN ILMU POLITIK ILMU KOMUNIKASI 2013 REGINA PRAFITA SARI 0910862035.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)

Abstract

Kegiatan promosi sangat dibutuhkan dalam mempromosikan sesuatu baik barang ataupun jasa, media merupakan salah satu komponen yang paling berpegaruh untuk menyukseskan kegiatan promosi tersebut. Selain itu diperlukan juga strategi media promosi agarjalannya kegiatan promosi dapat sesuai dengan tujuan yang harus dicapai. Penelitian ini melihat strategi media promosi yang dilakukan oleh Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Provinsi Sumatera Barat dalam mempromosikan event Tour de Singkarak Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan media promosi yang digunakan dalam event Tour de Singkarak dan strategi media proraosinya untuk membentuk branding identity Sumatera Barat. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kualitatif dengan pendekatan deskriptif. Data dikumpulkan melalui observasi, wawancara dan studi dokumentasi, kemudian diolah melalui analisis interaktif yang terdiri dari pengumpulan data, reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Penelitian ini menggunakan model komunikasi braddock dengan tujuh komponen komunikasi di dalamnya yaitu komunikator, pesan, media, komunikan, situasi, tujuan, dan efek. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Provinsi Sumatera Barat menggunakan media lokal yang ada di Sumatera Barat untuk mempromoslkan event Tour de Singkarak, adapun media tersebut adalah Above the Line (ATL) seperti Koran, televisi dan radio; Bellow the Line (BTL) seperti media luar ruang, dan New Media. Namun penggunaan new media masih sangat minim, tidak terlalu memanfaatkan social media yang ada selain itu, untuk membentuk branding identity Sumatera Barat, Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Juga menetapkan bagaiman strategi media dan strategi pesan dalam kegiatan promosi event ini. Strategi media terlihat dari pemilihan media yang dilakukan oleh Dina Kebudayaan dan Pariwisata Provinsi Sumatera Barat, sedangkan strategi pesan dari pesan yang disampaikan kepada media untuk disebarluaskan.

Item Type: Thesis (S1)
Supervisors: Yuliandre Darwis Ph.D.,; Yesi Puspita, M.Si
Uncontrolled Keywords: Tour de Singkarak, branding identity, ATL, BTL, dan New Media
Subjects: J Political Science > JA Political science (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > S1 Ilmu Komunikasi
Depositing User: Pustakawan Marne Dardanellen
Date Deposited: 23 Jun 2025 03:15
Last Modified: 23 Jun 2025 03:15
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/499879

Actions (login required)

View Item View Item