Anggo, Hidayat (2011) Tindakan Siswa Dari Keluarga Miskin Mempertahankan Prestasi di Sekolah Menengah Umum (SMU) Negeri 1 Kota Padang. S1 thesis, Universitas Andalas.
![]() |
Text (Full Text)
S1 Sosiologi 2011 Anggo Hidayat 05191025.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (4MB) |
Abstract
Orang tua tentu membutuhkan sejumlah biaya agar anak-anaknya dapat sekolah dengan baik dan berprestasi. Agar dapat meraih prestasi disekolah. harus memiliki berbagai persiapan diantaranya tercukupi buku pelajaran untuk belajar, alat tulis untuk belajar, membayar uang sekolah, dan untuk uang belanja anak di sekolah. Bagi siswa dari keluarga kaya tentu tidak mengalami kesulitan dalam memenuhi kebutuhan tersebut, tetapi siswa dari keluarga miskin justru mengalami kesulitan. Siswa dari keluarga miskin dapat meraih prestasi di sekolah dengan keadaan serba keterbatasan yang dialaminya. Maka untuk mendapatkan keberhasilannya siswa dari keluarga miskin memiliki berbagai tindakan dalam mempertahankan prestasi juara. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan cara siswa membagi waktu beiajar dari keluarga miskin dalam serba keterbatasannya mempertahankan prestasi di Sekolah Menengah Umum (SMU) Negri 1 Kota Padang. Dalam meraih prestasi siswa mempunyai cara (usaha) agar keberhasilan tersebut dapat dicapai. Penelitian ini menggunakan Teori tindakan sosial dari Weber. Tindakan sosial yang dimaksud Weber dapat berupa tindakan yang nyata-nyata diarahkan kepada orang lain. Metode yang digunakan adalah metode kualitatif dengan pengumpulan data melalui observasi dan wawancara mendalam. Dari hasil penelitian diperoleh kesimpulan cara siswa dari keiuarga miskin membagi waktu beiajar mempertahankan prestasi adalah: konsentrasi beiajar sewaktu guru menerangkan di kelas, menggunakan Wifi/Spot Gratis sekolah, meminjam buku di perpustakaan, diskusi dengan guru, membuat catatan-catatan penting (rangkuman pelajaran), meminjam buku pada alumni, mengulangi pelajaran sekolah, dan membentuk kelompok belajar yang dilakukan di sekolah dan di rumah. Kendala-kendala yang dihadapi siswa dari keluarga miskin mempertahankan prestasi adalah; tidak memiliki buku mata pelajaran untuk belajar, banyaknya jumlah anggota keluarga, keterbatasan kendaraan di rumah untuk pergi ke sekolah, dan keterbatasan pakaian seragam sekolah yang dipakai untuk ke sekolah.
Item Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Supervisors: | DR. Azwar. M.Si ; Dra. Dwiyanti Hanandini M.Si |
Subjects: | H Social Sciences > HM Sociology |
Divisions: | Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > S1 Sosiologi |
Depositing User: | TID Rafiqatul Fikri |
Date Deposited: | 23 Jun 2025 02:33 |
Last Modified: | 23 Jun 2025 02:33 |
URI: | http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/499873 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |