Pengaruh Global Fast Fashion Industry Terhadap Budaya Konsumerisme Generasi Muda Kota Padang

Muhammad Indi Putra, Fachri (2025) Pengaruh Global Fast Fashion Industry Terhadap Budaya Konsumerisme Generasi Muda Kota Padang. S1 thesis, Universitas Andalas.

[img] Text (Cover & Abstrak)
Cover & Abstrak - Fachri M..pdf - Published Version

Download (520kB)
[img] Text (BAB I Pendahuluan - Fachri M.)
BAB I Pendahuluan - Fachri M..pdf - Published Version

Download (433kB)
[img] Text (BAB V Penutup - Fachri M.)
BAB V Penutup - Fachri M..pdf - Published Version

Download (248kB)
[img] Text (Daftar Pustaka - Fachri M.)
Daftar Pustaka - Fachri M..pdf - Published Version

Download (231kB)
[img] Text (Skripsi - Fachri Muhammad Indi Putra)
Skripsi - Fachri Muhammad Indi Putra.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (3MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini menganalisis pengaruh global fast fashion industry terhadap budaya konsumerisme generasi muda di Kota Padang dalam konteks globalisasi. Budaya konsumerisme yang disebabkan oleh global fast fashion industry semakin meningkat pada era globalisasi ini. fast fashion industry saat ini hampir menguasai pasar global dengan ekspansi besar-besaran melalui online ataupun offline store, termasuk Kota Padang. Menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif dan teori praktik sosial Pierre Bourdieu yang mencakup konsep habitus, modal (ekonomi, budaya, sosial, simbolik), dan arena data diperoleh melalui kuesioner kepada 222 responden berusia 18–25 tahun. Hasil penelitian menunjukkan bahwa fast fashion membentuk habitus konsumtif di kalangan generasi muda, ditandai dengan frekuensi pembelian tinggi dan dorongan mengikuti tren global. Modal ekonomi berperan melalui keterjangkauan harga, sementara modal budaya dan sosial dimediasi oleh media sosial yang membentuk persepsi gaya hidup dan status. Modal simbolik tercermin dari dominasi brand dalam keputusan konsumsi. Fast fashion juga menciptakan arena sosial digital yang kompetitif, menjadikan konsumsi sebagai alat ekspresi identitas dan pencapaian posisi sosial. Sehingga dapat dikatakan bahwa, fast fashion berperan signifikan sebagai agen budaya global yang mentransformasi pola konsumsi generasi muda Kota Padang menjadi lebih simbolik, tren oriented, dan kompetitif.

Item Type: Thesis (S1)
Supervisors: Dr. Apriwan, S.Sos., MA; Dr. Virtuous Setyaka, S.IP., M.Si
Uncontrolled Keywords: Fast Fashion, Generasi Muda, Globalisasi Budaya, Habitus, Kata Kunci: Konsumerisme, Kota Padang, Modal Budaya, Modal Sosial, Media Sosial, Pierre Bourdieu
Subjects: J Political Science > JZ International relations
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > S1 Hubungan Internasional
Depositing User: s1 ilmu hubungan internasional
Date Deposited: 21 Jun 2025 02:43
Last Modified: 21 Jun 2025 02:43
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/499631

Actions (login required)

View Item View Item