PENGARUH KOMPETENSI DIGITAL TERHADAP NIAT BERWIRAUSAHA DENGAN LATAR BELAKANG PENDIDIKAN STEM (SCIENCE, TECHNOLOGY, ENGINEERING, MATHEMATICS) DAN NON-STEM SEBAGAI VARIABEL MODERASI PADA MAHASISWA MAGISTER MANAJEMEN DI SUMATERA BARAT

Rica, Julia Fransisca (2025) PENGARUH KOMPETENSI DIGITAL TERHADAP NIAT BERWIRAUSAHA DENGAN LATAR BELAKANG PENDIDIKAN STEM (SCIENCE, TECHNOLOGY, ENGINEERING, MATHEMATICS) DAN NON-STEM SEBAGAI VARIABEL MODERASI PADA MAHASISWA MAGISTER MANAJEMEN DI SUMATERA BARAT. S2 thesis, Universitas Andalas.

[img] Text (cover dan abstrak)
cover dan abstrak.pdf - Published Version

Download (489kB)
[img] Text (bab I (pendahuluan))
bab I (pendahuluan).pdf - Published Version

Download (263kB)
[img] Text (bab akhir (penutup dan kesimpulan))
bab akhir (penutup dan kesimpulan).pdf - Published Version

Download (160kB)
[img] Text (daftar pustaka)
daftar pustaka.pdf - Published Version

Download (341kB)
[img] Text (full text)
full text.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (1MB) | Request a copy

Abstract

PengaruhKompetensi Digital terhadapNiatBerwirausahadengan Latar Belakang Pendidikan STEM (Science, Technology, Engineering, Mathematics) dan NON-STEM sebagaiVariabelModerasi pada Mahasiswa Magister Manajemen di Sumatera Barat Rica Julia F1, Donard Games2, Ma’ruf3 123Universitas Andalas, Magister Manajemen, FakultasEkonomi&Bisnis, Padang, Indonesia, ricajuliaf@gmail.com Abstrak: Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh kompetensi digital terhadap niat berwirausaha pada mahasiswa Magister Manajemen di Sumatera Barat, dengan latar belakang pendidikan STEM (Science, Technology, Engineering, Mathematics) dan Non-STEM sebagai variable moderasi. Metode penelitian yang digunakan adalah pendekatan kuantitatif dengan desain survei cross-sectional. Data dikumpulkan melalui kuesioner yang disebarkankepada 132 responden mahasiswa Magister Manajemen non-PNS di Sumatera Barat. Analisis data menggunakan Partial Least Squares-Structural Equation Modeling (PLS-SEM). Hasil penelitian menunjukkan bahwa keempat dimensi kompetensi digital—literasi informasi dan data, komunikasi dan kolaborasi, keamanan dan keselamatan, serta pemecahan masalah—tidak berpengaruh signifikan terhadap niat berwirausaha. Selain itu, latar belakang pendidikan STEM dan Non-STEM juga tidak memoderasi hubungan antara kompetensi digital dan niat berwirausaha secara signifikan. Temuan ini mengindikasikan bahwa faktor lain di luar kompetensi digital dan latar belakang pendidikan mungkin lebih berperan dalam membentuk niat berwirausaha. Penelitian ini memberikan implikasi bagi institusi pendidikan untuk memperkuat pembekalan kewirausahaan dan bagi mahasiswa untuk mengembangkan orientasi kewirausahaan serta efikasi diri. Kata Kunci: Kompetensi Digital, NiatBerwirausaha, Pendidikan STEM dan Non-STEM, Mahasiswa Magister Manajemen, PLS-SEM 9 PengaruhKompetensi Digital terhadapNiatBerwirausahadengan Latar Belakang Pendidikan STEM (Science, Technology, Engineering, Mathematics) dan NON-STEM sebagaiVariabelModerasi pada Mahasiswa Magister Manajemen di Sumatera Barat Rica Julia F1, Donard Games2, Ma’ruf3 123Universitas Andalas, Magister Manajemen, FakultasEkonomi&Bisnis, Padang, Indonesia, ricajuliaf@gmail.com Abstract This research aims to analyze the influence of digital competence on entrepreneurial intention among Master's in Management students in West Sumatra, with STEM (Science, Technology, Engineering, Mathematics) and Non-STEM educational backgrounds as moderating variables. The research method used is a quantitative approach with a cross-sectional survey design. Data were collected through questionnaires distributed to 132 respondents, non-civil servant Master's in Management students in West Sumatra. Data analysis used Partial Least Squares-Structural Equation Modeling (PLS-SEM). The research results indicate that the four dimensions of digital competence—information and data literacy, communication and collaboration, safety and security, and problem-solving—do not have a significant impact on entrepreneurial intention. Moreover, STEM and Non-STEM educational backgrounds do not significantly moderate the relationship between digital competence and entrepreneurial intention. These findings indicate that factors beyond digital competence and educational background may play a more significant role in shaping entrepreneurial intentions. This research provides implications for educational institutions to strengthen entrepreneurship training and for students to develop entrepreneurial orientation and self-efficacy. Keyword: Digital Competence, Entrepreneurial Intention, STEM and Non-STEM Education, Master's Degree in Management, PLS-SEM

Item Type: Thesis (S2)
Supervisors: Prof. Dr. Games, SE, M Bus ; Dr. Ma’ruf, SE, MBus
Uncontrolled Keywords: Kompetensi Digital, NiatBerwirausaha, Pendidikan STEM dan Non-STEM, Mahasiswa Magister Manajemen, PLS-SEM
Subjects: H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor > HD28 Management. Industrial Management
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis > S2 Manajemen
Depositing User: S2 Magister Manajemen
Date Deposited: 20 Jun 2025 02:03
Last Modified: 20 Jun 2025 02:03
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/499459

Actions (login required)

View Item View Item