KORELASI ANTARA KADAR 25-HYDROXYVITAMIN D SERUM DENGAN INTERLEUKIN-4 DAN THYROTROPIN RECEPTOR ANTIBODY PADA PENYAKIT GRAVES

Garri, Prima Decroli (2019) KORELASI ANTARA KADAR 25-HYDROXYVITAMIN D SERUM DENGAN INTERLEUKIN-4 DAN THYROTROPIN RECEPTOR ANTIBODY PADA PENYAKIT GRAVES. Masters thesis, Universitas Andalas.

[img]
Preview
Text (Cover dan Abstrak)
Cover+Abstrak.pdf - Published Version

Download (157kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
BAB 1.pdf - Published Version

Download (218kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB VII)
BAB 7.pdf - Published Version

Download (84kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR PUSTAKA)
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (184kB) | Preview
[img] Text (Tesis Full Text)
Tugas Ilmiah Utuh.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Pendahuluan Penyakit Graves dipengaruhi oleh sistem imun bawaan dan adaptif serta faktor lingkungan, seperti vitamin D. Terkait dengan respons imun yang terjadi pada penyakit Graves, vitamin D atau 25-Hidroxyvitamin D (25(OH)D) merupakan hormon yang memiliki efek non-klasik sebagai imunomodulator. Peran vitamin D dalam penyakit autoimun masih terus diteliti. Kemungkinan hubungannya dimulai dari temuan epidemiologi bahwa penyakit autoimun lebih sering ditemukan di daerah dengan paparan sinar matahari yang rendah. Metode Penelitian observational analitik di Poliklinik Khusus Penyakit Dalam RSUP Dr. M. Djamil dan RS Swasta di Padang selama 6 bulan. Sampel dipilih secara Consecutive sampling, dengan total 30 orang. Terhadap subjek yang potensial dilakukan skrining awal kemudian dilakukan pemeriksaan kadar 25-Hydroxyvitamin D, interleukin-4 dan TRAb dengan metode ELISA. Hasil Adanya korelasi yang bermakna antara kadar vitamin D serum dengan kadar interleukin-4 serum (p<0,001) dengan arah korelasi negatif dan kekuatan korelasi sangat kuat (koefisien korelasi r=-0,888). adanya korelasi yang bermakna antara kadar vitamin D serum dengan kadar TRAb serum (p<0,001) dengan arah korelasi negatif dan kekuatan korelasi sangat kuat (koefisien korelasi r=-0,834). Diskusi Kadar vitamin D rendah pada penyakit Graves sedangkan kadar interleukin-4 dan TRAb tinggi pada penyakit Graves.

Item Type: Thesis (Masters)
Primary Supervisor: dr. Raveinal, SpPD-KAI, FINASIM
Uncontrolled Keywords: Penyakit Graves, 25-Hydroxyvitamin D, Interleukin-4, TRAb
Subjects: R Medicine > RC Internal medicine
Divisions: Pascasarjana (Tesis)
Depositing User: s2 Program Pendidikan Dokter Spesialis
Date Deposited: 15 Oct 2019 15:03
Last Modified: 15 Oct 2019 15:03
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/49916

Actions (login required)

View Item View Item