PENGARUH RASIO JERAMI PADI DAN DAUN BAKAU (Avicennia marina) TERHADAP KECERNAAN BAHAN KERING, BAHAN ORGANIK DAN PROTEIN KASAR SECARA IN-VITRO

Gibran, Asvin (2019) PENGARUH RASIO JERAMI PADI DAN DAUN BAKAU (Avicennia marina) TERHADAP KECERNAAN BAHAN KERING, BAHAN ORGANIK DAN PROTEIN KASAR SECARA IN-VITRO. Diploma thesis, Universitas Andalas.

[img]
Preview
Text (Caver dan Abstrak)
COVER.pdf - Published Version

Download (457kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
BAB I.pdf - Published Version

Download (272kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB V)
BAB V.pdf - Published Version

Download (156kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Daftar Pustaka)
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (386kB) | Preview
[img] Text (Full Skripsi)
full skripsi.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui jumlah daun bakau (Avicennia marina) yang dapat dimanfaatkan oleh ternak sebagai hijauan pakan dikomposisikan dengan jerami padi dalam meningkatkan kecernaan bahan kering, bahan organik dan protein kasar secara in-vitro. Penelitian menggunakan Rancangan Acak Kelompok (RAK) dengan 4 perlakuan dan 4 ulangan. Perlakuan P0 adalah 75% jerami padi dan 25% daun bakau. Perlakuan P1adalah 50% jerami padi dan 50% daun bakau. Perlakuan P2 adalah 25% jerami padi dan 75% daun bakau. Perlakuan P3 adalah daun bakau 100%. Parameter yang diukur adalah kecernaan bahan kering, kecernaan bahan organik dan kecernaan protein kasar. Analisa data yang digunakan: sidik ragam dan untuk melihat perbedaan di setiap perlakuan menggunakan uji lanjut Duncan’s Multiple Range Test (DMRT). Hasil analisis keragaman menunjukan bahwa kombinasi daun bakau dan jerami padi berpengaruh sangat nyata (P<0,01) terhadap kecernaan bahan kering, bahan organik dan protein kasar. Perlakuan terbaik dari penelitian adalah perlakuan P3 dengan 100% daun bakau. Kata Kunci : Daun bakau, Jerami padi, Kecernaan bahan kering, Kecernaan bahan organik, Kecernaan protein kasar, In-vitro.

Item Type: Thesis (Diploma)
Primary Supervisor: Prof. Dr. Ir. H. Novirman Jamarun, M.Sc
Subjects: S Agriculture > SF Animal culture
Divisions: Fakultas Peternakan
Depositing User: S1 Fakultas Peternakan
Date Deposited: 14 Oct 2019 14:55
Last Modified: 14 Oct 2019 14:55
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/49906

Actions (login required)

View Item View Item