Gambaran Self Determination Guru SMA dalam Mengimplementasikan Kurikulum Merdeka

Arief, Hafizah (2025) Gambaran Self Determination Guru SMA dalam Mengimplementasikan Kurikulum Merdeka. S1 thesis, Universitas Andalas.

[img] Text (Cover dan Abstrak)
Cover dan Abstrak.pdf - Published Version

Download (285kB)
[img] Text (BAB 1 Pendahuluan)
BAB I PENDAHULUAN.pdf - Published Version

Download (269kB)
[img] Text (BAB 5 Penutup)
BAB V PENUTUP.pdf - Published Version

Download (181kB)
[img] Text (Daftar Pustaka)
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (227kB)
[img] Text (Skripsi Fulltext)
Skripsi Full Text.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (3MB) | Request a copy

Abstract

Perubahan kurikulum yang terus terjadi di Indonesia menuntut guru, khususnya guru SMA, untuk dapat beradaptasi dengan cepat terhadap berbagai tuntutan baru, termasuk meningkatnya beban administratif dan perubahan pendekatan pembelajaran. Kurikulum Merdeka sebagai kurikulum terbaru memberikan tantangan tersendiri yang memerlukan kemampuan penyesuaian dari dalam diri guru, salah satunya melalui aspek self-determinasi. Penelitian ini bertujuan untuk menggambarkan tingkat self-determinasi guru SMA dalam mengimplementasikan Kurikulum Merdeka, dengan fokus pada tiga dimensi utama: autonomy, competence, dan relatedness. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif deskriptif dengan populasi sebanyak 411 guru dari 11 SMA di Kota Payakumbuh. Sampel dipilih secara convenience sampling dengan teknik non-probability, dan data dikumpulkan melalui angket serta dianalisis menggunakan analisis deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa secara umum tingkat self-determinasi guru tergolong cukup tinggi. Tidak ditemukan perbedaan signifikan antara tingkat self-determinasi guru laki-laki dan perempuan. Namun, terdapat perbedaan yang cukup signifikan berdasarkan kelompok usia. Temuan ini menunjukkan pentingnya dukungan terhadap aspek motivasi intrinsik guru dalam proses implementasi Kurikulum Merdeka secara berkelanjutan dan optimal.

Item Type: Thesis (S1)
Supervisors: Diny Amenike, M.Psi., Psikolog; Lala Septiyani Sembiring, M.Psi., Psikolog
Uncontrolled Keywords: Autonomy (otonomi); competence (kompentensi); kurikulum merdeka; relatedness (keterhubungan); self-determination (determinasi diri)
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology
Divisions: Fakultas Kedokteran > S1 Psikologi
Depositing User: S1 Psikologi Psikologi
Date Deposited: 19 Jun 2025 07:46
Last Modified: 19 Jun 2025 07:46
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/498951

Actions (login required)

View Item View Item