PEMANFAATAN BEBERAPA SUMBER PUPUK KANDANG TERHADAP KANDUNGAN GIZI RUMPUT GAJAH (Pennisetum purpureum) CV. TAIWAN DI TANAH ULTISOL YANG TELAH BERMIKORIZA PADA PEMOTONGAN KEDUA

Hanifah, Shalehat (2019) PEMANFAATAN BEBERAPA SUMBER PUPUK KANDANG TERHADAP KANDUNGAN GIZI RUMPUT GAJAH (Pennisetum purpureum) CV. TAIWAN DI TANAH ULTISOL YANG TELAH BERMIKORIZA PADA PEMOTONGAN KEDUA. Diploma thesis, Universitas Andalas.

[img]
Preview
Text (Cover dan Abstrak)
1. Cover dan Abstrak revisi 2.pdf - Published Version

Download (47kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I Pendahuluan)
2. BAB I Pendahuluan.pdf - Published Version

Download (105kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB V Penutup)
3. BAB V Penutup.pdf - Published Version

Download (42kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Daftar Pustaka)
4. Daftar Pustaka.pdf - Published Version

Download (144kB) | Preview
[img] Text (Skripsi Full)
5. Skripsi Full.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh pemanfaatan beberapa pupuk kandang terhadap kandungan gizi rumput gajah (Pennisetum purpureum) cv. Taiwan di tanah ultisol yang telah bermikoriza pada pemotongan kedua. Rancangan yang digunakan dalam penelitian ini adalah Rancangan Acak Kelompok (RAK) dengan 4 perlakuan yaitu : P0 (pupuk N, P, dan K + pupuk feses sapi), P1 (pupuk feses sapi dan tanaman rumput gajah cv. Taiwan di tanah ultisol yang telah bermikoriza), P2 (pupuk feses ayam dan tanaman rumput gajah cv. Taiwan di tanah ultisol yang telah bermikoriza), P3 (pupuk feses kambing dan tanaman rumput gajah cv. Taiwan di tanah ultisol yang telah bermikoriza) dan 5 ulangan (kelompok). Bertindak sebagai ulangan (kelompok) adalah kemiringan lahan. Hasil analisis ragam menunjukkan bahwa pemberian beberapa pupuk kandang pada tanaman rumput gajah cv. Taiwan yang telah bermikoriza di tanah ultisol memberikan pengaruh yang berbeda tetapi tidak nyata (P>0,05) terhadap bahan kering (16,45-17,94%), dan kadar abu (7,00-7,75%) sedangkan untuk protein kasar (8,97-11,20%) memberikan pengaruh berbeda sangat nyata (P<0,01) dan untuk serat kasar (34,75-36,63%) memberikan pengaruh berbeda nyata (P<0,05). Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa pemberian beberapa pupuk kandang pada tanaman rumput gajah cv. Taiwan yang telah bermikoriza di tanah ultisol pada pemotongan kedua menghasilkan kandungan gizi (bahan kering, protein kasar, dan kadar abu) yang bisa menyamai atau relatif sama dengan pemberian perlakuan P0 (pupuk N, P, dan K + pupuk feses sapi).

Item Type: Thesis (Diploma)
Primary Supervisor: Dr. Ir. Suyitman, M.P
Uncontrolled Keywords: Kandungan Gizi, Mikoriza, Pennisetum purpureum, Tanah Ultisol.
Subjects: S Agriculture > SF Animal culture
Divisions: Fakultas Peternakan
Depositing User: S1 Fakultas Peternakan
Date Deposited: 21 Oct 2019 11:33
Last Modified: 21 Oct 2019 11:33
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/49885

Actions (login required)

View Item View Item