PENGARUH PENGGUNAAN BUNGKIL INTI SAWIT FERMENTASI DENGAN Aspergillus oryzae SEBAGAI PENSINTESA KROMIUM ORGANIK DALAM RANSUM TERHADAP PERFORMA AYAM BROILER

YOSA, MIRANDA (2019) PENGARUH PENGGUNAAN BUNGKIL INTI SAWIT FERMENTASI DENGAN Aspergillus oryzae SEBAGAI PENSINTESA KROMIUM ORGANIK DALAM RANSUM TERHADAP PERFORMA AYAM BROILER. Diploma thesis, Universitas Andalas.

[img]
Preview
Text (Cover dan Abstrak)
COVER DAN ABSTRAK.pdf - Published Version

Download (159kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
BAB I.pdf - Published Version

Download (245kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB V)
BAB V.pdf - Published Version

Download (109kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR PUSTAKA)
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (208kB) | Preview
[img] Text (SKRIPSI FULL TEXT)
SKRIPSI FULL TEXT.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan bungkil inti sawit fermentasi dengan Aspergillus Oryzae sebagai pensintesa kromium organik (BISF-Cr) dalam ransum terhadap performa ayam broiler. Penelitian ini menggunakan 100 ekor ayam broiler berumur satu hari (day old chick) strain MB 202 dari PT Japfa Comfeed Indonesia. Metode penelitian yang digunakan yaitu Rancangan Acak Lengkap (RAL) yang terdiri dari 4 perlakuan dan 5 ulangan pada masing-masing ulangan terdiri dari 5 ekor ayam broiler. Perlakuan yang digunakan yaitunya R1 (0% BISF-Cr), R2 (15% BISF-Cr), R3 (20% BISF-Cr), dan R4 (25% BISF-Cr). Ransum disusun isoprotein 22% dan isoenergy 3000 kkal/kg. Parameter yang diamati ialah performa broiler yaitu konsumsi ransum, pertambahan bobot badan, dan konversi ransum. Hasil analisi ragam menunjukan bahwa pemberian BISF-Cr dalam ransum memberikan pengaruh berbeda nyata (P<0,05) terhadap konsumsi ransum dan berpengaruh sangat nyata (P<0,01) terhadap pertambahan bobot badan dan konversi ransum. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa penggunaan BISF-Cr dapat di gunakan sampai level 25% dalam ransum ayam broiler, Pada kondisi ini diperoleh konsumsi ransum 1837,24 gram/ekor, pertambahan bobot badan 1196,16 gram/ekor dan konversi ransum 1,54. Kata Kunci : BISF-Cr , broiler, konsumsi, pertambahan bobot badan, konversi.

Item Type: Thesis (Diploma)
Primary Supervisor: Dr.Ir. Yuliaty Shafan Nur, MS
Subjects: S Agriculture > SF Animal culture
Divisions: Fakultas Peternakan
Depositing User: S1 Fakultas Peternakan
Date Deposited: 14 Oct 2019 14:56
Last Modified: 14 Oct 2019 14:56
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/49883

Actions (login required)

View Item View Item