Septian, Shandy (2025) Persepsi Wisatawan Terhadap Wisata Pantai Tiram di Nagari Tapakih Kecamatan Ulakan Tapakih Kabupaten Padang Pariaman. S2 thesis, Universitas Andalas.
![]() |
Text (Cover & Abstrak)
Cover & Abstrak Tesis_Shandy_Septian_2121612004.pdf - Published Version Download (268kB) |
![]() |
Text (BAB I Pendahuluan)
BAB I Tesis_Shandy_Septian_2121612004.pdf - Published Version Download (372kB) |
![]() |
Text (BAB V Penutup)
BAB V Tesis_Shandy_Septian_2121612004.pdf - Published Version Download (225kB) |
![]() |
Text (Daftar Pustaka)
Daftar Pustaka Tesis_Shandy_Septian_2121612004.pdf - Published Version Download (362kB) |
![]() |
Text (Tesis Full Text)
Full Text Tesis_Shandy_Septian_2121612004.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (7MB) | Request a copy |
Abstract
Persepsi wisatawan dapat mencerminkan minat kunjungan kembali ke lokasi wisata. Tujuan penelitian ini (a) mendeskripsikan kondisi wisata di Pantai Tiram Nagari Tapakih Kecamatan Ulakan Tapakih; dan (b) menganalisis persepsi wisatawan terhadap wisata di Pantai Tiram Nagari Tapakih Kecamatan Ulakan Tapakih. Penelitian ini dilakukan dengan metode survei menggunakan konsep 4A (Attraction, Amenity, Accessibility, Ancilliary) untuk mengukur persepsi wisatawan terhadap wisata Pantai tiram. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) Wisata Pantai Tiram memiliki pemandangan alam dan suasana yang tenang, serta jauh dari kebisingan. Pantai ini telah dilengkapi dengan sarana prasarana seperti fasilitas parkir, tempat ibadah, rumah makan dan denah lokasi. Selain itu, Pantai Tiram juga mudah diakses kendaraan serta lokasinya tidak terlalu jauh dari Kota Padang ataupun Kota Pariaman (2) Persepsi wisatawan terhadap wisata Pantai Tiram berdasarkan indikator 4A memiliki skor yang berada pada kategori positif. Indikator Attraction memiliki skor 4.840, Accessibility 3.644, Amenity 10.640, dan Ancilliary 3.576. Persepsi positif dapat mendorong minat wisatawan untuk berkunjung kembali dan merekomendasikan wisata Pantai Tiram ke kolega ataupun sosial media. Untuk pengembangan wisata ke depan, disarankan agar pengelola dapat meningkatkan fasilitas dan kualitas layanan terutama dalam ketersediaan staf penjaga pada atraksi pendukung (indikator attraction), ketersediaan transportasi umum ke lokasi wisata (indikator acessibility), ketersediaan restoran/ warung makan (indikator amenity), dan ketersediaan tempat penukaran uang atau money changer (indikator ancilliary)
Item Type: | Thesis (S2) |
---|---|
Supervisors: | Hasnah, SP, MEc. PhD.; Dr. Widya Fitriana, SP, MSi |
Subjects: | H Social Sciences > H Social Sciences (General) |
Divisions: | Pascasarjana (S2) > S2 Pembangunan Wilayah Dan Pedesaan |
Depositing User: | s2 pembangunan wilayah |
Date Deposited: | 19 Jun 2025 01:22 |
Last Modified: | 19 Jun 2025 01:22 |
URI: | http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/498612 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |