Siti, Aisyah Amiroh (2019) Pengaruh EWOM (Electronic Word of Mouth) Communication Terhadap Pengambilan Keputusan Pembelian Smartphone Xiaomi di Kota Padang. Diploma thesis, UNIVERSITAS ANDALAS.
|
Text (Cover dan Abstrak)
cover dan abstrak.pdf - Published Version Download (150kB) | Preview |
|
|
Text (BAB I)
bab 1.pdf - Published Version Download (187kB) | Preview |
|
|
Text (BAB V)
bab 5.pdf - Published Version Download (60kB) | Preview |
|
|
Text (Daftar Pustaka)
daftar pustaka.pdf - Published Version Download (140kB) | Preview |
|
Text (Skripsi Full Text)
skripsi full Siti Aisyah Amiroh.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (23MB) |
Abstract
Smartphone Xiaomi merupakan salah satu brand smartphone yang dalam promosinya tidak menggunakan iklan di media masa. Namun, penjualan smartphone Xiaomi dari tahun ke tahun mengalami peningkatan. Salah satu media promosi yang digunakan oleh smartphone Xiaomi adalah electronic word of mouth, yaitu review, opini, atau rekomendasi terkait produk berdasarkan pengalaman konsumen di internet. Penelitian ini bertujuan untuk melihat pengaruh electronic word of mouth communication terhadap pengambilan keputusan pembelian smartphone Xiaomi di Kota Padang. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif. Sampel dalam penelitian ini sebanyak 349 orang berusia 19-32 tahun yang menggunakan smartphone Xiaomi dengan metode quota sampling. Pengukuran electronic word of mouth dilakukan dengan mengadaptasi skala Cheung, Luo, Sia dan Chen yang terdiri dari 20 item dengan reliabilitas sebesar 0,755. Pengukuran pengambilan keputusan pembelian dilakukan dengan mengadaptasi skala Amalia yang terdiri dari 50 item dengan reliabilitas sebesar 0,948. Hasil penelitian ini dianalisis dengan regresi linier sederhana yang menunjukkan koefisien determinan r2 = 0,504 dan β = 1,741 dengan taraf signifikansi p = 0,000 (p<0,005). Hal ini membuktikan bahwa electronic word of mouth berpengaruh secara signifikan terhadap pengambilan keputusan pembelian smartphone Xiaomi di Kota Padang dan electronic word of mouth memiliki kontribusi sebesar 56,4% terhadap pengambilan keputusan pembelian smartphone Xiaomi. Kata Kunci : Electronic Word of Mouth, Pengambilan Keputusan Pembelian, Smartphone Xiaomi
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Primary Supervisor: | Lala Septiyani Sembiring, M.Psi., Psikolog |
Subjects: | B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology |
Divisions: | Fakultas Kedokteran > Psikologi |
Depositing User: | s1 psikologi psikologi |
Date Deposited: | 10 Oct 2019 17:19 |
Last Modified: | 10 Oct 2019 17:19 |
URI: | http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/49840 |
Actions (login required)
View Item |