EVALUASI DAN PENGEMBANGAN PERENCANAAN KEBUTUHAN OBAT TAHUNAN PADA INSTALASI FARMASI DINAS KESEHATAN PROVINSI KEPULAUAN RIAU

Indri, Ayu Ningsih (2019) EVALUASI DAN PENGEMBANGAN PERENCANAAN KEBUTUHAN OBAT TAHUNAN PADA INSTALASI FARMASI DINAS KESEHATAN PROVINSI KEPULAUAN RIAU. Masters thesis, Universitas Andalas.

[img]
Preview
Text (cover dan abstrak)
cover plus abstrak watermark.pdf - Published Version

Download (175kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
BAB I.pdf - Published Version

Download (212kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB V)
BAB V.pdf - Published Version

Download (121kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Daftar pustaka)
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (197kB) | Preview
[img] Text (Full text)
tesis bab 1 - Copy.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

Tingginya nilai obat kadaluarsa di Instalasi Farmasi Provinsi Kepulauan Riau merupakan salah satu masalah yang dihadapi dalam proses perencanaan penyediaan Obat Penyangga Provinsi. Penelitian dilakukan dengan metode evaluasi pendekatan kualitatif untuk memahami dan menemukan jawaban atas masalah. Dari hasil identifikasi masalah yang dilakukan melalui wawancara mendalam dan Diskusi Kelompok Terfokus (FGD), masalah yang dihadapi dalam menyusun rencana penyediaan obat Cadangan Penyangga Provinsi meliputi: data, sumber daya manusia, dan faktor pendukung yang memiliki pengaruh signifikan dalam menyiapkan rencana pemberian obat. Empat skala utama prioritas strategi peningkatan yang diperoleh dalam persiapan perencanaan obat adalah: (1) Bimbingan teknis dan pemantauan evaluasi sumber daya manusia di Dinas Kesehatan Kabupaten / Kota dilakukan secara berkala oleh Instalasi Farmasi Provinsi Riau. Provinsi Kepulauan, (2) Ketersediaan pedoman dan aturan yang jelas tentang jenis obat yang dapat disediakan seperti pedoman DOEN, Fornas dan JKN untuk Puskesmas, (3) Penyediaan Prosedur Operasional Standar (SOP) dan pedoman untuk persiapan penulisan obat menyediakan, (4) Manajer Instalasi Farmasi harus profesional farmasi dan tidak dibebani dengan pekerjaan lain. Nilai TPR (Total Priority Rating) adalah 37,33; 30.00; 22.66 dan 22.00. Pengembangan perencanaan obat, diusulkan dengan nama Aplikasi SILO (Sistem Informasi Logistik Obat) sebagai upaya untuk meningkatkan perencanaan penyediaan obat tahunan. Dengan sistem informasi yang baik, diharapkan ketersediaan obat dapat lebih baik dan jumlah obat kadaluarsa dapat dikurangi.

Item Type: Thesis (Masters)
Primary Supervisor: DR. (Clin Pharm) Dedy Almasdy, M. Si, Apt
Uncontrolled Keywords: perencanaan penyediaan obat, Instalasi Farmasi Provinsi Kepulauan Riau, strategi peningkatan
Subjects: R Medicine > RS Pharmacy and materia medica
Divisions: Pascasarjana (Tesis)
Depositing User: s2 farmasi farmasi
Date Deposited: 07 Oct 2019 14:29
Last Modified: 07 Oct 2019 14:29
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/49767

Actions (login required)

View Item View Item