AKTIVITAS INSEKTISIDA EKSTRAK AIR CAMPURAN BUAH Piper aduncum DAN DAUN Tephrosia vogelii TERHADAP Crocidolomia pavonana F. (LEPIDOPTERA : Crambidae)

Afriyanita, Afriyanita (2019) AKTIVITAS INSEKTISIDA EKSTRAK AIR CAMPURAN BUAH Piper aduncum DAN DAUN Tephrosia vogelii TERHADAP Crocidolomia pavonana F. (LEPIDOPTERA : Crambidae). Diploma thesis, Universitas Andalas.

[img]
Preview
Text (cover dan abstrak)
1. COVER DAN ABSTRAK.pdf - Published Version

Download (136kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I PENDAHULUAN)
2. BAB I PENDAHULUAN.pdf - Published Version

Download (188kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB V KESIMPULAN DAN SARAN)
3. BAB V KESIMPULAN DAN SARAN.pdf - Published Version

Download (112kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR PUSTAKA)
4. DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (293kB) | Preview
[img] Text (SKRIPSI FULL AFRIYANITA)
5. SKRIPSI FULL AFRIYANITA.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

Insektisida botani merupakan salah satu alternatif pengendalian hama yang layak dikembangkan. Ekstrak buah Piper aduncum dan daun Tephrosia vogelii diketahui memiliki aktivitas insektisida. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh aktivitas insektisida ekstrak air campuran buah P. aduncum dan daun T. vogelii terhadap C. pavonana. Pengujian ini menggunakan Rancangan Acak Lengkap (RAL) yang terdiri dari 6 perlakuan (0,0, 2,5, 3,0, 3,5, 4,0 dan 5,0%) dan 5 ulangan. Parameter pengamatan adalah mortalitas larva, efek antifeedant, lama perkembangan larva, lama perkembangan pupa, jumlah pupa normal dan pupa abnormal, sex ratio imago jantan dan betina serta uji fitotoksisitas. Ekstrak air campuran buah P. aduncum dan daun T. vogelii (2 : 1) pada LC50 (3,19%) bersifat antagonis dan pada LC95 (6,07%) bersifat aditif. Ekstrak air campuran buah P. aduncum dan daun T. vogelii (2 : 1) berpengaruh terhadap mortalitas larva (81,0%), efek antifeedant (84,5%) dan memperpanjang lama perkembangan larva 1,71 hari lebih lama pada instar 2 ke 3 dan 2,4 hari lebih lama pada instar 2 ke 4 dibandingkan dengan kontrol, namun tidak berpengaruh terhadap lama perkembangan pupa, jumlah pupa abnormal serta sex ratio imago jantan dan betina. Selain itu, ekstrak air campuran buah P. aduncum dan daun T. vogelii (2 : 1) juga tidak menyebabkan fitotoksisitas terhadap daun brokoli. Kata kunci : Crocidolomia pavonana, Piper aduncum, Tephrosia vogelii, antagonis, aditif.

Item Type: Thesis (Diploma)
Primary Supervisor: Dr. Ir. DARNETTY, MSc
Subjects: S Agriculture > SB Plant culture
Divisions: Fakultas Pertanian > Agroekoteknologi
Depositing User: S1 agroekoteknologi agroekoteknologi
Date Deposited: 07 Oct 2019 10:37
Last Modified: 07 Oct 2019 10:37
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/49735

Actions (login required)

View Item View Item