PERTUMBUHAN DAN PRODUKSI SORGUM(Sorghum bicolor L. Moench) DENGAN SISTEM HIDROPONIK FODDER MENGGUNAKAN DOSIS LARUTAN NUTRISI DAN WAKTU PANEN BERBEDA

MUHAMMAD, AMIN (2019) PERTUMBUHAN DAN PRODUKSI SORGUM(Sorghum bicolor L. Moench) DENGAN SISTEM HIDROPONIK FODDER MENGGUNAKAN DOSIS LARUTAN NUTRISI DAN WAKTU PANEN BERBEDA. Diploma thesis, UNIVERSITAS ANDALAS.

[img]
Preview
Text (COVER DAN ABSTRAK)
1. COVER DAN ABSTRAK.pdf - Published Version

Download (169kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB 1)
2. BAB 1.pdf - Published Version

Download (161kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB 5)
3. BAB 5.pdf - Published Version

Download (118kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR PUSTAKA)
4. DAFTAR FUSTAKA.pdf - Published Version

Download (140kB) | Preview
[img] Text (SKRIPSI FULL)
skripsi full.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (5MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menemukan kombinasi dosis larutan nutrisi dengan waktu panen yang terbaik terhadap pertumbuhan dan produksi sorgum (Sorghum bicolor L. Moench ) secara hydroponic fodder system (HFS). Penelitian ini menggunakan biji sorgum varietas Numbu sebanyak 231 gram per nampan dan larutan nutrien komersil (AB mix). Metode dalam penelitian ini menggunakan Rancangan Acak Kelompok (RAK) pola faktorial dengan 2 faktor perlakuan dan 5 kelompok sebagai ulangan. Faktor pertama adalah dosis larutan nutrisi masing-masing A1 (3ml/l), A2 (5ml/l). Faktor kedua adalah umur panen yaitu B1 (7 hari ), B2 (10 hari) dan B3 (13 hari). Pengelompokan berdasarkan posisi rak (atas, tengah dan bawah). Peubah yang diamati yaitu tinggi tanaman, produksi segar, produksi bahan kering dan R/C ratio. Data dianalisa dengan metode analisa sidik ragam dan perbedaan masing-masing rataan diuji lanjut dengan Duncan,s New Multiple Range Test. Hasil analisis ragam menujukan bahwa tidak terdapat interaksi antara larutan nutrisi dengan waktu panen. Dosis larutan nutrisi tidak berpengaruh nyata (P<0,01) terhadap tinggi tanaman, produksi segar dan produksi bahan kering. Tinggi tanaman hidroponik fodder berkisar 15.29 - 25.16 cm, produksi segar 1.13 - 1.48 kg/nampan dan produksi bahan kering 131.61 - 92.72 gr/nampan. Waktu panen berpengaruh sangat nyata (P>0.01) terhadap tinggi tanaman, produksi segar dan produksi bahan kering. Dari hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa dosis laruran nutrisi 3 ml dengan umur panen 13 hari memberikan pertumbuhan dan produksi sorgum terbaik secara hydroponic fodder system. Kata kunci : AB-Mix, Hidroponik ,R/C Ratio, Sorgum, Pertumbuhan, Produksi.

Item Type: Thesis (Diploma)
Primary Supervisor: Dr. Imana Martaguri, S.Pt, M.Si
Subjects: S Agriculture > SF Animal culture
Divisions: Fakultas Peternakan
Depositing User: S1 Fakultas Peternakan
Date Deposited: 07 Oct 2019 11:27
Last Modified: 07 Oct 2019 11:27
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/49734

Actions (login required)

View Item View Item