PEMODELAN DAN ANALISIS KONSUMSI ENERGI KENDARAAN LISTRIK BERDASARKAN HAMBATAN DINAMIS PADA MATLAB SIMULINK

Ibrahim, Ibrahim (2025) PEMODELAN DAN ANALISIS KONSUMSI ENERGI KENDARAAN LISTRIK BERDASARKAN HAMBATAN DINAMIS PADA MATLAB SIMULINK. S1 thesis, Universitas Andalas.

[img] Text (Cover dan Abstrak)
Cover dan Abstrak.pdf - Published Version

Download (323kB)
[img] Text (BAB I)
BAB I.pdf - Published Version

Download (235kB)
[img] Text (BAB V)
BAB V.pdf - Published Version

Download (201kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (249kB)
[img] Text (Tugas Akhir Full Text)
TUGAS AKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (10MB) | Request a copy

Abstract

Perkembangan kendaraan listrik menjadi solusi utama dalam mengurangi ketergantungan terhadap bahan bakar fosil serta meminimalkan emisi karbon. Konsumsi energi kendaraan listrik dipengaruhi oleh berbagai hambatan dinamis yang signifikan pada kondisi jalan menantang, seperti di Sumatera Barat dengan karakteristik geografis berbukit. Penelitian ini bertujuan untuk memodelkan dan menganalisis konsumsi energi kendaraan berdasarkan hambatan dinamis menggunakan perangkat lunak MATLAB Simulink. Penelitian mencakup pemodelan kendaraan listrik berbasis baterai (BEV) dan penerapan siklus berkendara pada kondisi lancar dan padat untuk merepresentasikan profil pengemudi berdasarkan kondisi lalu lintas melalui perangkat lunak GPS Log dan Strava. Dalam pengujian sampel jalan, data kontur diperoleh dari lingkungan Kampus Universitas Andalas melalui perangkat lunak Google Earth Pro. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kondisi jalan dan lalu lintas berpengaruh signifikan terhadap konsumsi energi kendaraan. Peningkatan daya tercatat sebesar 221% akibat grade resistance, 5% oleh drag force, dan 22% oleh rolling resistance. Pada kondisi arus puncak, konsumsi daya meningkat 31%, dengan total energi 8% lebih tinggi dibanding arus lancar. Penerapan medan nyata menaikkan konsumsi daya sebesar 82% pada lalu lintas lancar dan 74% pada lalu lintas padat. Berdasarkan penelitian terdahulu Penelitian ini menunjukkan bahwa pengujian dengan parameter nyata menghasilkan estimasi konsumsi energi yang lebih representatif. Dibandingkan studi sebelumnya, perbandingan dilakukan antara stop and go dan kecepatan maksimum kendaraan yang meningkatkan konsumsi energi sebesar 71,34% pada kecepatan maksimum. Hambatan grade 30° meningkatkan daya sebesar 221%, lebih rendah dari 443% pada studi sebelumnya yang tidak menggunakan parameter medan jalan aktual. Penelitian yang dilakukan menerapkan pola berkendara nyata di Lingkungan Universitas Andalas yang belum dilakukan pada penelitian yang telah ada.

Item Type: Thesis (S1)
Supervisors: Zaini, S.T., M.Sc., Ph.D.
Uncontrolled Keywords: BEV, Konsumsi Energi, Hambatan Dinamis, Drive Cycle, Matlab Simulink
Subjects: T Technology > TK Electrical engineering. Electronics Nuclear engineering
Divisions: Fakultas Teknik > S1 Teknik Elektro
Depositing User: S1 Teknik Elektro
Date Deposited: 16 Jun 2025 04:52
Last Modified: 16 Jun 2025 04:52
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/497076

Actions (login required)

View Item View Item