MODEL MONITORING STATUS GIZI “EDUCATION, RECORD, DIAGNOSIS, ACTION” (ERDA) DALAM MENINGKATKAN PERAN USAHA KESEHATAN SEKOLAH (UKS) DI SEKOLAH DASAR KOTA BATAM

ROZA, ERDA (2025) MODEL MONITORING STATUS GIZI “EDUCATION, RECORD, DIAGNOSIS, ACTION” (ERDA) DALAM MENINGKATKAN PERAN USAHA KESEHATAN SEKOLAH (UKS) DI SEKOLAH DASAR KOTA BATAM. S3 thesis, Universitas Andalas.

[img] Text (Abstrak)
abstrak.pdf - Published Version

Download (183kB)
[img] Text (Pendahuluan)
BAB I PENDAHULUAN.pdf - Published Version

Download (176kB)
[img] Text (Penutup)
penutup.pdf - Published Version

Download (116kB)
[img] Text (Daftar Pustaka)
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (272kB)
[img] Text (Disertasi Fulltext)
Roza Erda fulltext ok.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (7MB)

Abstract

Status gizi anak merupakan indikator kesehatan dan kecukupan gizinya. Malnutrisi mencakup berbagai kondisi kesehatan, termasuk stunting, wasting, underweight, defisiensi mikronutrien, kelebihan berat badan, obesitas, atau penyakit tidak menular yang berhubungan dengan diet. Permasalahan gizi pada anak sekolah khususnya usia sekolah dasar harus selalu diperhatikan. UNICEF mengakui bahwa nutrisi anak usia sekolah merupakan komponen inti dari program yang berpusat pada anak. Untuk menjangkau anak-anak dari kelompok usia ini, sekolah merupakan platform yang terbukti untuk memberikan intervensi gizi (yaitu pendidikan gizi, konseling, dukungan, dan layanan). Tujuan penelitian ini adalah mendapatkan model monitoring status gizi “ERDA” untuk mengatasi gizi pada anak sekolah dasar di Kota Batam. Penelitian ini menggunakan desain mixed methods. Langkah dalam analisis model ini terdiri atas tahap 1 (analyze) terdiri atas penelitian kualitatif dan kuantitatif, tahap 2 (design) menyusun blue print modul, tahap 3 (development) mengembangkan modul, validasi dengan pakar, uji coba skala terbatas dan uji instrumen penelitian. Tahap 4 (implementation) implementasi yang terdiri atas kelompok intervensi dan kontrol dan mengukur pengetahuan, pola makan, peran UKS dan Indeks Massa Tubuh. Tahap 5 (Evaluation). Hasil uji chisquare didapatkan ada hubungan uang saku, tingkat pengetahuan anak, dukungan guru, dukungan teman sebaya, peran sekolah, sedentary activity, aktivitas fisik, pola makan, indeks massa tubuh ibu, status pekerjaan ibu, tingkat pendapatan rumah tangga, pemberian ASI eksklusif, tingkat pengetahuan ibu dan pola asuh orang tua dengan status gizi pada siswa sekolah dasar. Hasil akhir uji regresi logistik berganda menunjukkan bahwa faktor dominan atau paling beresiko berhubungan dengan status gizi pada anak usia sekolah adalah pengetahuan anak kurang (OR=0,246, 95% CI = 0,101-0,598, nilai p= 0,002). Terbentuknya dokumen blueprint modul monitoring status gizi “ERDA” untuk siswa, UKS dan orang tua. Selanjutnya validasi pakar dengan tingkat kelayakan 89,2%. Hasil uji reliabilitas intrumen > 0,6. Implementasi model Monitoring Status Gizi ERDA didapatkan ada perbedaan pengetahuan, pola makan, peran UKS dan Indeks Massa Tubuh. Evaluasi dilakukan pada setiap tahapan penelitian. Kesimpulan penelitian ini adalah telah terbentuk model monitoring status gizi yang dikembangkan pada penelitian ini berdasarkan "Education, Record, Diagnosis, Action" (ERDA) dalam meningkatkan peran Usaha Kesehatan Sekolah (UKS) di sekolah dasar.

Item Type: Thesis (S3)
Supervisors: Prof. Dr. Dachriyanus, Apt Dr. dr. Desmawati, M. Gizi Dr. dr. Rosfita Rasyid, M. Kes
Uncontrolled Keywords: Status Gizi, Monitoring, Siswa Sekolah Dasar, Nutrisi
Subjects: R Medicine > R Medicine (General)
Divisions: Fakultas Kedokteran > S3 Kesehatan Masyarakat
Depositing User: S3 Kesehatan masyarakat FK UNAND
Date Deposited: 11 Aug 2025 03:17
Last Modified: 11 Aug 2025 03:17
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/496903

Actions (login required)

View Item View Item