EKSPLORASI DAN KARAKTERISASI MORFOLOGI TANAMAN JENGKOL (Pithecellobium jiringa (Jack) DI KABUPATEN PADANG PARIAMAN SUMATERA BARAT

Putri, Yona (2019) EKSPLORASI DAN KARAKTERISASI MORFOLOGI TANAMAN JENGKOL (Pithecellobium jiringa (Jack) DI KABUPATEN PADANG PARIAMAN SUMATERA BARAT. Diploma thesis, Universitas Andalas.

[img]
Preview
Text (Cover dan Abstrak)
FILE 1 COVER DAN ABSTRAK.pdf - Published Version

Download (292kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Bab 1 Pendahuluan)
FILE 2 BAB I PENDAHULUAN.pdf - Published Version

Download (215kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Bab 5 Penutup)
FILE 3 BAB V PENUTUP KESIMPULAN.pdf - Published Version

Download (189kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Daftar Pustaka)
FILE 4 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (130kB) | Preview
[img] Text (Skripsi Full Text)
FILE 5 Skripsi Full Text yona.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

EKSPLORASI DAN KARAKTERISASI MORFOLOGI TANAMAN JENGKOL (Pithecellobium jiringa (Jack) DI KABUPATEN PADANG PARIAMAN SUMATERA BARAT ABSTRAK Tanaman jengkol (Pithecellobium jiringa (Jack) merupakan tanaman tahunan yang memiliki prospek ekonomi dan kandungan gizi yang tinggi, namun belum menjadi perhatian pihak-pihak terkait. Penelitian ini bertujuan untuk menemukan dan mengkarakterisasi secara morfologi tanaman jengkol yang ada di Kabupaten Padang Pariaman, serta mendapatkan informasi tentang keragaman karakter sebagai langkah awal pelestarian plasma nutfah tanaman jengkol. Penelitian ini telah dilaksanakan di Kecamatan Ulakan Tapakis, Kecamatan V Koto Timur, Kecamatan Sungai Limau, Kecamatan Kayu Tanam, Kecamatan Sungai Geringging, dan Kecamatan IV Koto Aur Malintang pada bulan September sampai Desember 2018. Penelitian ini menggunakan metode survey dengan pengambilan sampel secara purposive sampling. Data hasil pengamatan secara morfologi dianalisis secara deskriptif dan ditampilkan dalam bentuk tabel dan gambar. Analisis keragaman dilakukan menggunakan program NTSYSpc 2.02i. Berdasarkan survei dan informasi dilapangan, didapatkan 4 tipe buah yaitu jengkol biasa sebanyak 18,18%, jengkol bareh sebanyak 41,82%, jengkol kabau sebanyak 27,27%, dan jengkol lokan sebanyak 12,73% dari 55 sampel. Data pengelompokkan dari 55 sampel yang diamati pada karakter kualitatif didapatkan 2 kelompok besar pada tingkat kemiripan 35%, kelompok I didominasi jengkol biasa, kelompok II didominasi jengkol bareh. Variabilitas fenotipe yang luas terdapat pada panjang helaian daun, sudut daun dan berat biji. Kata kunci : Tanaman jengkol, Karakterisasi, Morfologi, Keragaman.

Item Type: Thesis (Diploma)
Primary Supervisor: Dr. Aprizal Zainal, SP. MSi
Subjects: S Agriculture > S Agriculture (General)
Divisions: Fakultas Pertanian > Agroekoteknologi
Depositing User: S1 agroekoteknologi agroekoteknologi
Date Deposited: 03 Oct 2019 11:53
Last Modified: 03 Oct 2019 11:53
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/49686

Actions (login required)

View Item View Item