Pengetahuan Masyarakat Terhadap Bencana Gempa Bumi dan Tsunami (Studi Kasus :Masyarakat Kelurahan Padang Sarai, Kecamatan Koto Tengah, Kota Padang)

Fanny, Fetywati Sari (2019) Pengetahuan Masyarakat Terhadap Bencana Gempa Bumi dan Tsunami (Studi Kasus :Masyarakat Kelurahan Padang Sarai, Kecamatan Koto Tengah, Kota Padang). Diploma thesis, Universitas Andalas.

[img]
Preview
Text (Cover dan Abstrak)
Cover dan Abstrak.pdf - Published Version

Download (207kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Pendahuluan)
BAB I Pendahuluan.pdf - Published Version

Download (329kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Penutup)
BAB VI.pdf - Published Version

Download (100kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Daftar Pustaka)
DAFTAR PUSTAKA 1.pdf - Published Version

Download (192kB) | Preview
[img] Text (Skripsi Fulltext)
Tugas Akhir Ilmiah Utuh.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (55MB)

Abstract

Fanny Fetywati Sari, 1310822001, Jurusan Antropologi Sosial, Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik. Skripsi ini berjudul “PENGETAHUAN MASYARAKAT TERHADAP BENCANA GEMPA BUMI DAN TSUNAMI (Studi Kasus : Masyarakat Kelurahan Padang Sarai, Kecamatan Koto Tangah, Kota Padang). Penelitian ini mendeskripsikan bagaimana pengetahuan masyarakat terhadap bencana gempa bumi dan tsunami di Kelurahan Padang Sarai yang termasuk ke dalam salah satu wilayah zona merah. Adapun masalah di dalam penelitian ini yaitu ; 1) Apa pengetahuan masyarakat di Kelurahan Padang Sarai terhadap bencana gempa bumi dan tsunami, 2) Bagaimana cara adaptasi masyarakat di Kelurahan Padang Sarai yang tinggal di kawasan rawan bencana tersebut, 3) Mengapa masyarakat tetap memillih tinggal di kawasan tersebut. Tipe penelitian ini bersifat studi kasus dengan menggunakan pendekatan kualitatif. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan cara observasi, wawancara bebas dan mendalam, studi kepustakaan, serta dokumentasi. Teknik pemilihan informan menggunakan teknik purposive sampling yang terdiri dari 4 informan kunci dan 5 informan biasa. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa pengetahuan masyarakat terhadap bencana gempa bumi dan tsunami berbeda-beda. Ada masyarakat yang menjelaskan gempa bumi dan tsunami secara teoritis dan ada juga yang menjelaskan gempa bumi dan tsunami ini terjadi karena akibat dari perilaku manusia itu sendiri. Pengetahuan masyarakat tersebut menciptakan perilaku yang berbeda dalam upaya penyelamatan diri, serta pengetahuan yang dimiliki masyarakat juga menjadikan alasan masyarakat mengapa masih memilih tinggal di daerah rawan bencana gempa bumi dan tsunami tersebut. Kata Kunci : Pengetahuan, Gempa bumi, Tsunami, Adaptasi

Item Type: Thesis (Diploma)
Primary Supervisor: DR. Maskota Delfi, M.Hum
Subjects: G Geography. Anthropology. Recreation > GN Anthropology
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Antropologi
Depositing User: s1 antropologi sosial
Date Deposited: 02 Oct 2019 10:15
Last Modified: 02 Oct 2019 10:15
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/49681

Actions (login required)

View Item View Item