ALASAN PENERIMA CSR PT SEMEN PADANG PUTUS SEKOLAH (Studi Kasus 5 Orang Penerima CSR PT Semen Padang di Batu Busuk yang Tidak Tamat SMP)

putri, Aysa (2025) ALASAN PENERIMA CSR PT SEMEN PADANG PUTUS SEKOLAH (Studi Kasus 5 Orang Penerima CSR PT Semen Padang di Batu Busuk yang Tidak Tamat SMP). S1 thesis, Universitas andalas.

[img] Text (COVER DAN ABSTRAK)
Cover dan abstrak aysa.pdf - Published Version

Download (343kB)
[img] Text (BAB I PENDAHULUAN)
BAB I - watermark - aysa.pdf - Published Version

Download (619kB)
[img] Text (BAB IV PENUTUP)
penutup - watermark - aysa.pdf - Published Version

Download (291kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
daftar pustaka - watermark -aysa.pdf - Published Version

Download (301kB)
[img] Text (SKRIPSI FULL TEXT)
Skripsi - Aysa Putri - Watermark.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

ABSTRAK Pendidikan merupakan kunci utama dalam memutuskan kemiskinan, serta memperkuat pembangunan berkelanjutan. Penelitian ini mengkaji alasan alumni penerima program Corporate Social Responsibility (CSR) PT Semen Padang tidak melanjutkan pendidikan di wilayah Batu Busuk, Kelurahan Lambung Bukik, Kota Padang. Fenomena kontradiktif terlihat dari 228 penduduk Batu Busuk, kendati PT Semen Padang telah menyalurkan bantuan Pendidikan di SD Bustanul Ulum dan beasiswa untuk masyarakat Batu Busuk, angka putus sekolah masih mencapai 18% (41 orang), 60,1% (137 orang) tidak bersekolah, dan hanya 19,7% (45 orang) yang menyelesaikan pendidikan SMA/Sederajat. Penelitian ini bertujuan mengungkap alasan yang menyebabkan para penerima manfaat memutuskan berhenti sekolah. Teori yang digunakan teori pilihan rasional James Coleman yang memandang individu sebagai aktor rasional dalam membuat keputusan berdasarkan kalkulasi biaya dan manfaat untuk memaksimalkan keuntungan. Teori Coleman membantu menjelaskan keputusan keluarga untuk tidak melanjutkan pendidikan anak merupakan respons rasional terhadap kendala struktural yang dihadapi, manfaat jangka pendek dari anak bekerja kerap dipandang lebih bernilai dibandingkan potensi keuntungan jangka panjang dari pendidikan formal yang hasilnya tidak pasti. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif deskriptif. Informan ditentukan dengan cara purposif. Pengumpulan data dilakukan dengan wawancara mendalam terhadap alumni penerima bantuan. Hasil penelitian menunjukkan meskipun masyarakat mengapresiasi bantuan pendidikan dari PT Semen Padang, akan tetapi masih ada juga dari mereka yang membuat keputusan rasional berdasarkan pertimbangan ekonomi, geografis, dan sosial-budaya. Pola putus sekolah terjadi saat transisi baik dari SD ke SMP, maupun SMP ke SMA (usia remaja awal) ketika nilai ekonomis kontribusi anak dalam keluarga meningkat. Alasan mereka tidak melanjutkan pendidikan karena rendahnya aspirasi pendidikan bagi orang tua, pengalaman masyarakat lokal tidak mendukung Pendidikan tinggi, anak tidak mau terikat dan teratur, pendidikan tidak menghasilkan uang, dan beasiswa tidak cukup untuk kebutuhan hidup. Temuan ini menegaskan bahwa program CSR pendidikan perlu dikembangkan dengan pendekatan komprehensif yang mengintegrasikan bantuan pendidikan, pengembangan ekonomi keluarga, serta kebutuhan lokal untuk mengubah kalkulasi biaya dan manfaat yang mendasari keputusan pendidikan. Kata Kunci: Corporate Social Responsibility, Pendidikan, dan Putus Sekolah

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: H Social Sciences > HM Sociology
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > S1 Sosiologi
Depositing User: s1 sosiologi sosiologi
Date Deposited: 13 Jun 2025 08:35
Last Modified: 13 Jun 2025 08:36
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/496596

Actions (login required)

View Item View Item