Adnelti, Fitria Sartika (2012) Perlindungan Hukum Terhadap Pengguna Jasa Pos Ekspress Pada PT. Pos Indonesia (Persero) Batam. S1 thesis, Universitas Andalas.
![]() |
Text (Full Text)
S1 Hukum 2012 Adnelti Fitria Sartika 081013438.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (4MB) |
Abstract
PT. Pos Indonesia (Persero) merupakan salah satu perusahaan yang merupakan Badan Usaha Milik Negara (BUMN) yang kegiatan dan pengelolaan usahanya bergerak dalam bisnis lalu lintas jasa pos. Untuk membangun kepercayaan pemakai jasa pos, PT. Pos Indonesia (Persero) telah berusaha melakukan mutu pelayanan yang baik dengan cara mempertahankan cara pengiriman barang/dokumen dengan jasa Pos Ekspress. Akan tetapi pada kenyataannya sekarang ini masih ada kadang-kadang surat pos yang dikirimkan oleh si pengguna jasa pos terlambat sampai tujuan, hilang atau rusak dipeijalanan yang sebenamya merupakan tanggung jawab penuh dari PT. Pos Indonesia (Persero) harus memberikan jaminan kepada pengguna jasa pos sehingga akan memberikan rasa aman pengguna jasa. Pennasalahan yang dikemukakan dalam penelitian ini adalah perlindungan hukum yang diberikan terhadap pengguna jasa Pos Ekspress PT. Pos Indonesia (Persero) Batam, dan bagaimana upaya penyelesaian kerugian pengguna jasa Pos Ekspress PT. Pos Indonesia (Persero) batam dan kendala-kendala yang dihadapi dalam penyelesaian tersebut. Dalam penelitian ini penulis menggunakan jenis penelitian hukum yuridis sosiologis yang bersifat deskriptif. Penulis menggunakan data primer yaitu data yang diperoleh langsung di lapangan yaitu dari PT. Pos Indonesia (Persero) pusat batam dan pengguna jasa pos ekspress tersebut. Teknik pengumpulan data melalui wawancara dan studi dokumen. Sedangkan analisis hasilnya adalah data secara kualitatif. Berdasarkan hasil penelitian dapat penulis simpulkan, bentuk pertanggungjawabkan PT. Pos Indonesia dalam pengiriman paket Pos Ekspress adalah bertanggung jawab untuk memberikan resi kepada pengirim, tanggung jawab dalam hal pemeliharaan didalam gudang penyimpanan, tanggung jawab selama pengiriman paket, tanggung jawab untuk selalu merahasiakan isi kiriman yang bersifat pribadi, tanggung jawab untuk memberitahukan kepada penerima apabila kiriman hilang, rusak atau terlambat, tanggung jawab untuk memberikan ganti rugi apabila kiriman hilang, rusak dan terlambat. Cara pelaksanaan ganti rugi kerugiannya adalah dengan cara mengajukan tuntutan klaim kepada PT. Pos Indonesia (Persero) serta mengajukan tuntutan ganti rugi kepada PT. Pos Indonesia (Persero) dengan menyerahkan fotokopi identitas diri (KTP) serta bukli tanda terima pengiriman.
Item Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Supervisors: | Muhammad Hasbi. SH. MH ; Devianty Fitri. SH. MH |
Subjects: | K Law > K Law (General) |
Divisions: | Fakultas Hukum > S1 Hukum |
Depositing User: | TID Rafiqatul Fikri |
Date Deposited: | 11 Jun 2025 08:00 |
Last Modified: | 11 Jun 2025 08:00 |
URI: | http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/496343 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |