Dafi, Maghfirah Rahmi (2025) Kaji Eksperimental Isolasi Getaran Engine Pada Kapal Tanpa Awak Fuel Engine Menggunakan Wire Rope Tipe Xm. S1 thesis, Universitas Andalas.
![]() |
Text (Cover dan Abstrak)
Abstrak.pdf - Published Version Download (1MB) |
![]() |
Text (BAB I Pendahuluan)
BAB 1 Pendahuluan.pdf - Published Version Download (1MB) |
![]() |
Text (BAB 5 Penutup)
BAB 5 Penutup.pdf - Published Version Download (684kB) |
![]() |
Text (Daftar Pustaka)
Daftar Pustaka.pdf - Published Version Download (609kB) |
![]() |
Text (Skripsi Full Text)
Skripsi Full Text.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (26MB) | Request a copy |
Abstract
Salah satu penyebab terjadinya kerusakan pada kapal tanpa awak adalah adanya respons getaran yang besar. Getaran ini sebagian besar bersumber dari engine kapal dan dapat menyebabkan gangguan sistem selama pengoperasian serta menurunkan kinerja kapal. Salah satu upaya untuk mengurangi getaran berlebih dari motor penggerak adalah dengan menurunkan respons amplitudo getaran melalui pemasangan isolator getaran pada engine kapal. Pada penelitian ini dilakukan pengujian dinamis terhadap beberapa jenis isolator getaran berupa wire roре isolator (WRI) tipe XM yang memiliki lilitan utama berbentuk seperti huruf X dengan diameter kawat 3 mm. Variasi WRI yang digunakan antara lain wire roре 7x19 Stainless steel 304, 6x19 IWRC Galvanized, dan 6x12 + 7FC Galvanized. Sebagai pembanding, digunakan isolator bawaan berupa rubber. Pengujian dilakukan dengan memberikan variasi kecepatan pada engine Zenoah G300PUM yang diatur menggunakan transmitter. Data respon getaran yang diperoleh dalam domain waktu kemudian dianalisis dalam domain frekuensi menggunakan transformasi Fourier cepat (FFT). Selain pengujian dinamis, dilakukan pula pengujian damped free vibration untuk memperoleh nilai frekuensi alami dan rasio redaman masing-masing isolator. Hasil pengujian menunjukkan bahwa wire roре isolator 6x12 + 7FC Galvanized merupakan pilihan yang baik apabila engine bekerja dalam rentang frekuensi 50 Hz - 100 Hz. Sementara variasi Wire roре isolator tipe 6x19 IWRC Galvanized menunjukkan kinerja peredaman paling optimal dengan magnitudo getaran yang rendah dan stabil pada frekuensi rentang 110 Hz – 150 Hz dan variasi 7x19 stainless steel merupakan pilihan yang baik jika engine bekerja pada frekuensi melebihi 150 Hz. Begitu juga halnya dengan Rubber sebagai isolator bawaan yang juga memiliki performa yang baik pada rentang frekuensi 150 Hz – 200 Hz namun perlu diperhatikan pada pengoperasian engine pada frekuensi kisaran 135 Hz dimana rubber ini memiliki magnitudo tertinggi dibanding isolator lain yang berarti peredaman yang buruk sehingga kurang efektif meredam getaran engine pada rentang frekuensi tersebut. Isolator 6x19 IWRC Galvanized memiliki frekuensi alami sebesar 683,1 Hz dan rasio redaman 0,0502. Sementara itu, wire rope 7x19 Stainless steel 304 memiliki frekuensi alami 444,21 ix Hz dan rasio redaman 0,11, serta wire rope 6x12 + 7FC Galvanized memiliki frekuensi yaitu 574,94 Hz dengan rasio redaman sebesar 0,00888. Rubber sebagai isolator menunjukkan rasio redaman 0,0518
Item Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Supervisors: | Dr. Nusyirwan M. T ; Prof. Dr. Eng. Lovely Son |
Uncontrolled Keywords: | Getaran, Wire rope isolator, FFT, Damped free vibration, Redaman,Engine Zenoah G300PUM |
Subjects: | T Technology > TJ Mechanical engineering and machinery |
Divisions: | Fakultas Teknik > S1 Teknik Mesin |
Depositing User: | s1 teknik mesin |
Date Deposited: | 04 Jun 2025 09:43 |
Last Modified: | 04 Jun 2025 09:43 |
URI: | http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/495927 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |