Fahlevi, Kenny Alviano (2025) Kaji Eksperimental Karakteristik Dinamik dan Respon Getaran C-Shape Nose Landing Gear Berbahan Komposit Pada Pesawat Tanpa Awak. S1 thesis, Universitas Andalas.
![]() |
Text (Cover dan Abstrak)
Cover dan Abstrak.pdf - Published Version Download (780kB) |
![]() |
Text (BAB 1 (Pendahuluan))
BAB 1 (Pendahuluan).pdf - Published Version Download (979kB) |
![]() |
Text (BAB akhir (Penutup))
BAB akhir (Penutup).pdf - Published Version Download (255kB) |
![]() |
Text (Daftar Pustaka)
Daftar Pustaka.pdf - Published Version Download (660kB) |
![]() |
Text (Tugas Akhir fulltext)
Tugas Akhir fulltext.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (4MB) |
Abstract
Nose landing gear merupakan bagian penting pesawat tanpa awak (UAV), berfungsi sebagai penopang pesawat tanpa awak pada saat lepas landas (take off) dan pendaratan (landing). Menurut penelitian, nose landing gear mampu menahan beban 20% dari total massa UAV. Namun, tingginya resiko pada saat pendaratan, nose landing gear UAV dapat mengalami kegagalan sehingga dapat terjadi crash yang mengakibatkan rusaknya airframe dan komponen elektrikal yang terdapat di dalam UAV. Untuk mengurangi kegagalan pada saat pendaratan, dibutuhkan nose landing gear yang mampu menahan pembebanan saat melakukan pendaratan dengan baik. Untuk itu pemilihan material nose landing gear menentukan bagaimana respon nose landing gear tersebut terhadap pembebanan saat UAV mendarat. Salah satu material yang banyak digunakan sebagai material pembuatan landing gear saat ini adalah material komposit. Pada penelitian ini akan dilakukan pengujian terhadap nose landing gear berbahan dasar komposit serat woven roving, serat karbon, dan serat rami melalui drop test pada ketinggian 5 cm dan 10 cm dan damped free vibration test dengan experimental modal analysis (EMA). Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui karakteristik dinamik berupa rasio redaman, frekuensi pribadi dan menganalisis respon getaran dari komposit nose landing gear menggunakan metode logarithmic decrement. Hasil penelitian didapatkan bahwa komposit rami menunjukkan kemampuan meredam getaran terbaik pada kedua pengujian drop test, yaitu dengan rata-rata rasio redaman 0.2227. Pada hasil respon getaran, pada drop test 10 cm, komposit karbon menunjukkan nilai hasil tertinggi dengan nilai rata-rata 0.1106 m/s^2.Sedangkan pada drop test 5 cm, komposit woven roving menunjukkan hasil tertinggi dengan nilai rata-rata 0.0699 m/s^2. Pada pengujian damped free vibration test, frekuensi pribadi tertinggi didapatkan pada komposit karbon dengan nilai 4.14 Hz. Frekuensi pribadi yang lebih tinggi menunjukkan bahwa material memiliki kekakuan yang lebih tinggi untuk massa yang sama
Item Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Supervisors: | Prof. Dr. Eng. Lovely Son, S.T., M.T.; Dr. Eng. Eka Satria, S.T., M.Sc. |
Uncontrolled Keywords: | Nose Landing gear; Komposit; Drop test; Rasio Redaman; Respon Getaran; Frekuensi Pribadi |
Subjects: | T Technology > TJ Mechanical engineering and machinery |
Divisions: | Fakultas Teknik > S1 Teknik Mesin |
Depositing User: | s1 teknik mesin |
Date Deposited: | 03 Jun 2025 03:58 |
Last Modified: | 03 Jun 2025 03:58 |
URI: | http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/495700 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |