HUBUNGAN KARAKTERISTIK DEMOGRAFI, PENGETAHUAN, SIKAP DAN DUKUNGAN SOSIAL DENGAN TINDAKAN INSPEKSI VISUAL ASAM ASETAT (IVA) PADA WANITA USIA SUBUR DIWILAYAH KERJA PUSKESMAS RAWANG TAHUN 2019

PUTRI, HANDAYANI (2019) HUBUNGAN KARAKTERISTIK DEMOGRAFI, PENGETAHUAN, SIKAP DAN DUKUNGAN SOSIAL DENGAN TINDAKAN INSPEKSI VISUAL ASAM ASETAT (IVA) PADA WANITA USIA SUBUR DIWILAYAH KERJA PUSKESMAS RAWANG TAHUN 2019. Diploma thesis, Universitas Andalas.

[img]
Preview
Text (cover and abstrak)
abstrak.pdf - Published Version

Download (187kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB 1)
BAB 1 (PENDAHULUAN).pdf - Published Version

Download (176kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB VII (PENUTUP/KESIMPULAN))
BAB VII (PENUTUP).pdf - Published Version

Download (146kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR PUSTAKA)
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (163kB) | Preview
[img] Text (skripsi full text)
Skirpsi full text.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (5MB)

Abstract

Latar Belakang dan Tujuan Penelitian Negara berkembang prevalensi kanker serviks mencapi 87%. Tingginya angka kematian yang disebabkan kanker serviks 95% dikarenakan wanita tidak melakukan pemeriksaan secara dini sehingga mengakibatkan keterlambatan dalam mendiagnosis, penaganan sehingga menurunkan angka harapan hidup wanita. Pemeriksaan IVA bisa mengurangi insiden kanker invasif sebesar 50% bahkan lebih. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui hubungan karakteristik demografi, pengetahuan, sikap dan dukungan sosial dengan tindakan IVA pada wanita usia subur di wilayah kerja Puskesmas Rawang. Metode Penelitian cross sectional dilakukan diwilayah kerja Puskesmas Rawang dari bulan Mei - Juni 2019. Sampel dari penelitian wanita yang berusia 30-50 tahun menggunakan teknik Accidental Sampling terhadap 87 wanita usia subur. Instrumen penelitian menggunakan kuesioner. Pada penelitian ini digunakan analisis univariat, analisis bivariat dengan uji chi-square. Hasil Hasil penelitian menunjukkan bahwa kelompok terbesar responden pendidikan tinggi (60,9%), tidak bekerja (63,2%), pendapatan tinggi (52,9%), pengetahuan tinggi (72,4%), sikap (77%) dan dukungan optimal (74,7%). Terdapat hubungan antara pendidikan (p= 0,010), pendapatan (p= 0,001), pengetahuan (p= 0,002), sikap (p= 0,001) dan dukungan sosial (p= 0,001), sedangkan pekerjaan tidak terdapat hubungan (p= 0,91) dengan tindakan IVA pada wanita usia subur di wilayah kerja Puskesmas Rawang. Kesimpulan dan Saran Dari hasil penelitian ini didapatkan hanya variabel pendidikan, pendapatan, pengetahuan, sikap dan dukungan sosial berhubungan dengan tindakan pemeriksaan IVA. Disarankan kepada petugas kesehatan harus memperluas promosi kesehatan mengenai bahaya kanker serviks dan pentinganya pemeriksaan IVA di kelurahan Mata Air dan Teluk Bayur. Daftar Pustaka: 56 (2009- 2019) Kata Kunci: Dukungan sosial, IVA, kanker serviks, karakteristik demografi, pengetahuan dan sikap.

Item Type: Thesis (Diploma)
Primary Supervisor: dr. Andi Friadi, SpOG (K)
Subjects: R Medicine > RZ Other systems of medicine
Divisions: Fakultas Kedokteran > Kebidanan
Depositing User: s1 kebidanan kebidanan
Date Deposited: 10 Sep 2019 14:58
Last Modified: 10 Sep 2019 14:58
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/49509

Actions (login required)

View Item View Item