PERANAN NEGARA DALAM PENERAPAN PRINSIP COST INTERNALIZATION DALAM RANGKA MEWUJUDKAN PEMBANGUNAN BERKELANJUTAN (SUSTAINABLE DEVELOPMENT) DI BIDANG PENCEMARAN UDARA BERDASARKAN DEKLARASI RIO 1992 (STUDI KASUS PABRIK PT. Lembah Karet)

Andri, Hidayat (2019) PERANAN NEGARA DALAM PENERAPAN PRINSIP COST INTERNALIZATION DALAM RANGKA MEWUJUDKAN PEMBANGUNAN BERKELANJUTAN (SUSTAINABLE DEVELOPMENT) DI BIDANG PENCEMARAN UDARA BERDASARKAN DEKLARASI RIO 1992 (STUDI KASUS PABRIK PT. Lembah Karet). Diploma thesis, Universitas Andalas.

[img]
Preview
Text (Cover dan Abstrak)
Cover dan Abstrak.pdf - Updated Version

Download (223kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Bab I)
Bab I.pdf - Published Version

Download (448kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Bab IV)
Bab IV.pdf - Published Version

Download (196kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Daftar Pustaka)
Daftar Pustaka.pdf - Published Version

Download (279kB) | Preview
[img] Text (Skripsi Full Text)
Skripsi Full.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Lingkungan hidup merupakan suatu bagian yang tidak terlepas dari kehidupan manusia. Pencemaran Lingkungan sebagaimana yang dimuat dalam Undang-undang No 32 tahun 2009 Tentang Perlindungan dan Pengelolaan Lingkungan Hidup dalam pasal 14 yaitu Pencemaran lingkungan hidup. Untuk mengurangi dampak yang ditimbulkan akibat pencemaran lingkungan khususnya dalam pencemaran udara lahirlah sebuah peraturan internasional yang dengan yakni Deklarasi Rio pada tahun 1992. Dimana deklarasi ini melahirkan 10 prinsip yang dimana salah satunya adalah prinsip Cost Internalization. Prinsip ini dikenal juga dengan prinsip pencemar membayar yang terdapat dalam pasal 16 Deklarasi Rio.Prinsip ini lahir untuk mendukung terwujudnya pembangunan berkelanjutan. Penelitian ini menggunakan metode pendekatan yuridis sosiologis, yaitu pendekatan masalah melalui penelitian hukum dengan norma hukum yang berlaku dan menghubungan dengan fakta yang ada dalam masyarakat. Penelitian dapat disimpulkan Peranan negara dalam penerapan prinsip Cost internalization dalam rangka mewujudkan pembangunan berkelanjutan. Dengan rumusan masalah 1). Bagaimana peranan negara dalam menerapkan prinsip Cost Internalization dalam rangka mewujudkan pembangunan berkelanjutan di Indonesia. 2). Bagaimana bentuk tanggung jawab perusahan dalam rangka mewujudkan pembangunan berkelanjutan di lingkungan sekitarnya. Berdasrkan penelitian penulis lakukan dapat disimpulkan bahwa. 1). Pemerintah sudah menerapkan sepenuhnya prinsip Cost internalization kedalam hukum nasional hal ini dapat dilihat dalam undang-undang No 32 tahun 2009 dimana pasal 43 yang mengatur tentang instrumen ekonomi Lingkungan Hidup. 2). Perusahan dalam hal ini PT. Lembah karet telah menerapkan sesuai dengan peraturan internasional dan hukum positif yang berlaku.

Item Type: Thesis (Diploma)
Primary Supervisor: Dr. Busyra Azheri, S.H.,M.H
Subjects: K Law > K Law (General)
Divisions: Fakultas Hukum
Depositing User: S1 Ilmu Hukum
Date Deposited: 09 Sep 2019 11:42
Last Modified: 09 Sep 2019 11:42
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/49496

Actions (login required)

View Item View Item