INDAH, DESFITA (2013) Analisis Hubungan Bauran Pemasaran Terhadap Kaputusan Pembelian Smartphone Blackberry dan Samsung Android. S1 thesis, Universitas Andalas.
![]() |
Text (Full Text)
S1 Teknik Industri 2013 Indah Desfita 07173027.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (4MB) |
Abstract
Perkembangan teknologi menyebabkan seluruh perusahaan terus meningkatkan inovasi-inovasi dalam menciptakan produk yang dihasilkaimya, termasuk pada industri telepon. Pada beberapa tahun belakanga ini industri telepon memperkenalkan telepon smartphone yang beragam, diantaranya smartphone yang berbasis sistem operasi RIM (Research in Motion) yang memproduksi telepon bermerek Blackberry dan smartphone yang berbasis sistem operasi Android dengan salah satu perusahaan yang telah bergabung dengan sistem operasi tersebut adalah Samsung Android. Penelitian ini dilakukan dengan melakukan pengukuran kepada konsumen berdasarkan bauran pemasaran dan diharapkan mampu menjelaskan faktor-faktor apa saja yang berhubungan dengan penjualan di antara kedua smartphone ini. Bauran pemasaran (marketing mix) adalah seperangkal alat pemasaran yang digunakan penusahaan secara terus menerus untuk mencapai tujuan pemasarannya. Alat pemasaran tersebut di klasifikasikan menjadi empat Kelompok yang dikenal 4P yaitu : produk, harga, tempat, dan promosi. Penelitian dilakukan dengan menyebarkan kuesioner sebanyak 160 buah kepada responden smartphone Blackberry dan 160 buah kepada responden smartphone Samsung Android. Pengujian dilakukan dengan uji korelasi Kendall Tau menggunakan software SPSS 15. Hasil penelitian menunjukkan bahwa variabel produk, harga dan promosi mempunyai korelasi yang signijikan terhadap keputusan pembelian konsumen terhadap smartphone Blackberiy. Namun variabel harga menjadi variabel yang sangat dominan berhubungan dengan keputusan pembelian konsumen terhadap smartphone Blackberry. Sementara itu pada pengujian uji korelasi Kendall Tau pada smartphone Samsung Android, hanya variabel produk dan harga yang mempunyai korelasi yang signiftkan terhadap keputusan pembelian konsumen terhadap smartphone Samsung Android, dan variabel produk menjadi variabel yang sangat dominan berhubungan dengan keputusan pembelian konsumen. Dengan demikian dapat dilakukan strategi pemasaran oleh kedua perusahaan agar target penjualan produk tercapai dan sesuai detigan tujuan pemasaran.
Item Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Supervisors: | Dr. Ir. Alizar Hasan. M.Sc, MSIE ; Yumi Meuthia. MT |
Uncontrolled Keywords: | telepon, smartphone , Blackberry, Samsung Android, bauran pemasaran, keputusan pembelian |
Subjects: | T Technology > TS Manufactures |
Divisions: | Fakultas Teknik > S1 Teknik Industri |
Depositing User: | TID Rafiqatul Fikri |
Date Deposited: | 05 May 2025 07:47 |
Last Modified: | 05 May 2025 07:48 |
URI: | http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/494867 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |