Implementasi Program Pendidikan Inklusi Bagi Anak Berkebutuhan Khusus Di Kota Bukittinggi

Sugandhi, Ryan (2013) Implementasi Program Pendidikan Inklusi Bagi Anak Berkebutuhan Khusus Di Kota Bukittinggi. S1 thesis, Universitas Andalas.

[img] Text (Skripsi Full Teks)
ILMU SOSIAL DAN ILMU POLITIK ILMU ADMINISTRASI NEGARA 2014 RYAN SUGANDHI 07194030.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (5MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk melihat bagaimana Implementasi program kebijakan pendidikan inklusi di Kota Bukittinggi, khususnya di tingkat sekolah dasar. program inklusi adalah program kebijakan dalam bidang pendidikan dimana sekolah-sekolah umum. menerima anak-anak berkebutuhan khusus dan melaksanakan proses belajar-mengajar dengan anak umum lainnya dalam satu kelas dengan tambahan GPK. Namun pelaksanaan kebijakaan in! masih belum mendapat dukungan yang nyata dari pihak pemerintah kota sehingga pelaksanaan kebijakan ini tergantung kcpada pihak sckolah sepenuhnya.Metode yang digunakan dalam penlitian ini adalah deskriptif kualitatif. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah wawancara dan dokumentasi. Kemudian untuk melihat kineija terscbut dari hasil penelitian,maka dilakukan teknik triangulasi. Peneiitian ini menggunakan pendekatan model implementasi dari Donald S.Van Meter dan carl E.Van Horn yang menilai Implementasi kebijakan dengan menggunakan 6 Variabel. Penelitin yang dilaksanakan menunjukkan bahwasanya secara umum kebijakan ini telah dapat diimplementasikan dengan baik oleh sekolah-sekolah yang ada di Kota Bukittinggi dalam mencapai tujuan kebijakan ini. hal ini dapat dilihat dari jumlah murid yang semakin banyak, kompetensi guru yang semakin baik dalam mengajar dan juga pemahaman mengenai pentingnya pelaksanaan kebijakan ini. dan juga adanya guru GPK yang disediakan dalam mendukung proses belajar mengajar bagi murid berkebutuhan khusus. Namun temyata perhatian dari pihak kota temyata masih minimal terhadap pelaksanaan kebijakan ini di sekolah-sekolah dasar di Kota Bukittinggi. Perhatian pemerintah kota yang kurang ini mengakibatkan pihak sekoiah menjadi terhambat dalam menyediakan sarana dan prasarana yang memadai dalam melaksanakan kebijakan ini di sekolah mereka. Namun dapat dikatakan secara umum pelaksanaan kebijakan ini sudah berjalan dengan baik di sekolah-sekolah dasar pelaksana pendidikan Inklusi yang di tunjuk di Kota Bukittinggi

Item Type: Thesis (S1)
Supervisors: Roni Ekha Putera, S.IP., M.PA.,; Roza Liesmana, S.IP., M.Si
Uncontrolled Keywords: Implementasi Program, Pendidikan Inklusi, ABK
Subjects: J Political Science > JA Political science (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > S1 Administrasi Publik
Depositing User: Pustakawan Marne Dardanellen
Date Deposited: 29 Apr 2025 03:45
Last Modified: 29 Apr 2025 03:45
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/494697

Actions (login required)

View Item View Item