ALDILA, RIDHO (2012) KEDUDUKAN HUKUM REKOMENDASI OMBUDSMAN REPUBLIK INDONESIA DALAM FUNGSI PENGAWASAN TERHADAP LAMBAGA PELAYANAN PUBLIK. S1 thesis, Universitas Andalas.
![]() |
Text
S1 Hukum 2012 Ridho Aldila 07940127.pdf Download (4MB) |
Abstract
Dalam struktur ketatanegaraan Indonesia telah dibentuk sebuah Lembaga negara bantu sebagai lembaga perlindungan hukum bagi masyarakat yaitu Ombudsman Republik Indonesia. Berdasarkan Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 37 Tahun 2008 Tentang Ombudsman Republik Indonesia, agar masyarakat dapat ikut serta untuk menjaga dan memperbaiki system penyelenggaraan negara di bidang Pelayanan Kiblik, dalam rangka menciptakan pemerintahan yang baik, berslh dan eflsien guna meningkatkan kesejahteraan serta menciptakan keadilan dan kepastian hukum bagi seluruh warga negara, sesuai maksud yang terkandung dalam Undang-Undang Dasar Negara Republik Indonesia Tahun 1945. Dalam hal ini Ombudsman Republik Indonesia memiliki tugas sebagai Lembaga yang melakukan pengawasan terhadap penyelenggaraan Pelayanan Publik, dengan tujuan untuk menghindari terjadinya Tindakan Maladministrasi sebagai suatu bentuk penyimpangan atau pelanggaran yang dilakukan Penyelenggara Pelayanan Publik tersebut, sehingga apabila telah terbukti adanya Maladministrasi tersebut maka Ombudsman mengeluarkan surat Rekomendasi sebagai tindakan pengawasan. Dalam penulisan ini yang menjadi masalah dan tujuan yang hendak dicapai adalah untuk mengetahui bagaimanakah Kedudukan Hukum Rekomendasi Ombudsman dalam melakukan pengawasan terhadap Lembaga Pelayanan Publik. Penelitian ini menggunakan metode sosiologis yaitu dengan metode pendekatan {socio legal research). Jenis data dalam penulisan ini meliputi data sekunder dan data primer. Data dan informasi yang diperoleh akan disajikan secara kualitatif dengan pendekatan deskriptif- analitis. dalam hal penerapw ini mengambil studi permasalahan di Sekretariat Jenderal Ombudsman Republik Indonesia. Dalam kurun waktu selama 11 tahun Ombudsman berdiri di Indonesia, Ombudsman memiliki citra yang baik dan cukup berhasil melakukan pengawasan terhadap Lembaga Pelayanan Publik, namun dari hasil penulisan ini masih terdapat beberapa kendala yang meyebabkan kurang efektifriya pengawasan yang dilakukan oleh Ombudsman. Telah teijadi perubahan yang cukup mendasar mengenai kedudukan hukum dari Rekomendasi Ombudsman sejak sebelum dan sesudah disahkannya Undang-Undang Nomor 37 tahun 2008 Tentang Ombudsman Republik Indonesia yang harusnya iebih memperkuat posisi dan kedudukan Ombudsman. Perlu pengkajian secara komprehensif dan penelitian Iebih lanjut mengenai bentuk sanksi yang diberikan terhadap pihak-pihak yang melanggar/ tidak melaksanakan rekomendasi Ombudsman kedepannya
Item Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Supervisors: | Dr. Suharizal, SH., MH; Hengki Andora, SH., LLM |
Subjects: | K Law > K Law (General) |
Divisions: | Fakultas Hukum > S1 Hukum |
Depositing User: | Mrs Vivi Irawati |
Date Deposited: | 24 Apr 2025 04:35 |
Last Modified: | 24 Apr 2025 04:35 |
URI: | http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/494600 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |