Asuhan Keperawatan Defisit Perawatan Diri Dengan Penerapan Edukasi Oral Hygiene Pada Ny. L Yang Mengalami Stroke Di Ruang Rawat Inap Syaraf RSUP Dr. M.Djamil Padang

Rizka, Aulia Syesharini (2025) Asuhan Keperawatan Defisit Perawatan Diri Dengan Penerapan Edukasi Oral Hygiene Pada Ny. L Yang Mengalami Stroke Di Ruang Rawat Inap Syaraf RSUP Dr. M.Djamil Padang. Profesi thesis, Universitas Andalas.

[img] Text (Cover dan Abstrak)
Cover dan Abstrak.pdf - Published Version

Download (364kB)
[img] Text (Bab I Pendahuluan)
Bab I Pendahuluan.pdf - Published Version

Download (367kB)
[img] Text (Bab V Penutup)
Bab V Penutup.pdf - Published Version

Download (341kB)
[img] Text (Daftar Pustaka)
Daftar Pustaka.pdf - Published Version

Download (577kB)
[img] Text
Full Text.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

Pasien stroke mengalami kemunduran dalam melakukan aktivitas termasuk oral hygiene karena kelemahan dan penurunan kekuatan otot. Tindakan oral hygiene di rumah sakit belum terlaksana dengan optimal, Seringkali oral hygiene di rumah sakit fokus kepada pasien stroke yang terpasang alat medis lebih banyak seperti selang makan, sedangkan pasien stroke dengan kondisi sadar sering terlupakan. Perawat tidak rutin melakukan oral hygiene dan keluarga tidak mengetahui cara melakukannya di tempat tidur. Edukasi kepada pasien dan keluarga terkait oral hygiene di tempat tidur bisa dilakukan dengan mempertimbangkan kondisi pasien terlebih dahulu. Edukasi menggunakan media lembar balik dan leaflet efektif untuk digunakan. Tujuan penulisan ini adalah untuk memberikan asuhan keperawatan dengan pemberian edukasi oral hygiene pada Ny. L yang mengalami stroke. Metode yang digunakan adalah case report, dilakukan pre-test dan post- test menggunakan kuisioner untuk mengukur pengetahuan dan keterampilan terkait oral hygiene dan memeriksa status kebersihan gigi dan mulut (OHI-S) pada Ny. L, kemudian diberikan edukasi dengan lembar balik selama 20 menit. Setelah itu dilakukan demonstrasi oleh perawat dan redemonstrasi oleh keluarga didampingi perawat. Hasil pelaksanaan asuhan keperawatan didapatkan peningkatan pengetahuan dari 73% (pre test) menjadi 93% (post test), peningkatan keterampilan dari tidak dapat melakukan oral hygiene sesuai SOP (60%) menjadi dapat menerapkan langkah-langkah oral hygiene sesuai SOP (93%) serta status kebersihan gigi dan mulut dari 3,16 (buruk) menjadi 2,1 (cukup). Diharapkan pasien dan keluarga dapat mengaplikasikan perawatan oral hygiene, serta perawat dapat memberikan edukasi kepada pasien dan keluarga terkait pentingnya melakukan oral hygiene agar dapat diterapkan saat di rumah sakit dan di rumah.

Item Type: Thesis (Profesi)
Subjects: R Medicine > RT Nursing
Divisions: Fakultas Keperawatan > Pendidikan Profesi Ners
Depositing User: Program S1 Keperawatan
Date Deposited: 17 Apr 2025 08:23
Last Modified: 17 Apr 2025 08:23
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/494437

Actions (login required)

View Item View Item