ANALISIS RISIKO SERTA TINDAKAN MITIGASI PROSES PASOKAN MATERIAL PERKERASAN PEMBANGUNAN JALAN TOL SUMBAR – RIAU SEKSI SICINCIN - PADANG

Fahmulfia, Rizola (2018) ANALISIS RISIKO SERTA TINDAKAN MITIGASI PROSES PASOKAN MATERIAL PERKERASAN PEMBANGUNAN JALAN TOL SUMBAR – RIAU SEKSI SICINCIN - PADANG. Masters thesis, Universitas Andalas.

[img]
Preview
Text (Cover dan Abstrak)
1 COVER DAN ABSTRAK.pdf - Published Version

Download (233kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Pendahuluan)
2 BAB 1 PENDAHULUAN.pdf - Published Version

Download (194kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Penutup)
3 BAB V (PENUTUP).pdf - Published Version

Download (141kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Daftar Pustaka)
4 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (194kB) | Preview
[img] Text (Tesis Full Text)
5 TESIS FAHMULFIA RIZOLA.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Pelaksanaan pembangunan jalan Tol Sumbar – Riau yang akan direalisasikan diharapkan berjalan dengan aman dan lancar.Salah satu aspek yang mempengaruhi kelancaran proses realisasi kostruksi jalan Tol Sumbar –Riau tersebut adalah proses suplai logistik (material perkerasan) yang dibutuhkan. Studi penelitan ini bertujuan untuk untuk menganalisis, mengevaluasi dan menetapkan tindakan mitigasi risiko - risiko yang terdapat dalam proses suplai material perkerasan realisasi pembangunan jalan Tol Sumbar – Riau Seksi Sicincin – Padang. Data studi penelitian ini diperoleh melalui rujukan penelitian sejenis, teknik brainstorming, penyebaran kuesioner, dan studi lapangan. Data diolah dengan menggunakan metode House of Risk (HOR). Terdapat 17 (tujuh belas) item kejadian – kejadian risiko dan 26 (dua puluh enam) item agen - agen risiko yang diidentifikasi dari HOR phase 1, sedangkan agen – agen risiko prioritas penanganan sebanyak 10 (sepuluh) item. Tindakan – tindakan mitigasi terhadap agen – agen risiko prioritas penanganan yang diperoleh sebanyak 10 (sepuluh) item dengan menggunakan metode HOR phase 2. Hasil studi menunjukkan bahwa terdapat 2 (dua) agen risiko peringkat 1 (pertama) dan 2 (kedua) paling kritis , yaitu A1 (Kinerja Suplier Buruk) dengan nilai ARP sebesar 711 dan A3 (Suplier tidak Konsisten) dengan nilai ARP of 545, yang dapat menyebabkan munculnya ± 80% kejadian – kejadian risiko dimana sisanya ± 20% disebabkan oleh agen – agen risiko lainnya. Selanjutnya terdapat 1 (satu) tindakan mitigasi paling kritis yang dipero1eh dari HOR fase 2, yaitu PA1 (pemilihan suplier secara tepat) dengan nilai ETD 15.885 yang dapat mencegah kemunculan lebih dari 80 % agen – agen risiko prioritas penanganan dan kurang 20% dari sisanya diatasi dengan 9 (sembilan) tindakan mitigasi lainnya. Jadi, strategi utama yang perlu diimplementasikan untuk kelancaran proses pasokan material perkerasan pembangunan jalan Tol Sumbar - riau seksi Sicincin – Padang adalah pemilihan Suplier yang tepat. Kata kunci : Supply, risk events, Risks Agent, Risk Mitigation Actions, HOR, ARP, ETD

Item Type: Thesis (Masters)
Primary Supervisor: YOSRITZAL, Ph.D
Subjects: T Technology > TA Engineering (General). Civil engineering (General)
Divisions: Pascasarjana (Tesis)
Depositing User: s2 teknik sipil
Date Deposited: 13 Aug 2019 17:11
Last Modified: 13 Aug 2019 17:11
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/49426

Actions (login required)

View Item View Item