Analisis Inovasi Pelayanan Jamsostek Mobile (JMO) Di BPJS Ketenagakerjaan Cabang Padang Dalam Rangka Meningkatkan Kualitas Pelayanan (Studi Pada Pelayanan Jaminan Hari Tua)

Putri, Cintha, Aulia (2025) Analisis Inovasi Pelayanan Jamsostek Mobile (JMO) Di BPJS Ketenagakerjaan Cabang Padang Dalam Rangka Meningkatkan Kualitas Pelayanan (Studi Pada Pelayanan Jaminan Hari Tua). S1 thesis, Universitas Andalas.

[img] Text (Cover dan Abstrak)
cover dan abstrak.pdf - Published Version

Download (696kB)
[img] Text (BAB 1 (Pendahuluan))
pendahuluan bab 1.pdf - Published Version

Download (967kB)
[img] Text (BAB VI (Penutup/Kesimpulan))
penutup kesimpulan.pdf - Published Version

Download (579kB)
[img] Text (Daftar Pustaka)
daftar pustaka skripsi.pdf - Published Version

Download (598kB)
[img] Text (Full Text)
Cintha Aulia Putri (2010841023) (skripsi).pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (5MB) | Request a copy

Abstract

Sebagai upaya dalam meningkatkan kualitas pelayanan, BPJS Ketenagakerjaan Cabang Padang menciptakan inovasi berupa aplikasi Jamsostek Mobile yang salah satu fiturnya merupakan fitur klaim Jaminan Hari Tua (JHT). JMO dirancang untuk memberikan kemudahan bagi peserta dalam mengakseslayanan BPJS Ketenagakerjaan termasuk klaim JHT. Penelitian ini menggunakan teori Atribut Inovasi oleh Everett M. Rogers yang menyatakan bahwa terdapat lima atribut inovasi yang dapat menentukanpenerimaan inovasi yaitu relative advantages, compatibility, complexity, triability,dan observability. Metode penelitian ini menggunakan metode kualitatif deskriptif dengan teknik pengumpulan data melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi sedangkan teknik pemilihan informan menggunakan teknik purposive sampling.Hasil penelitian menunjukkan bahwa layanan klaim JHT secara digital melalui aplikasi JMO memiliki keunggulan relative dalam hal efesiensi dan kenyamanan dibandingkan dengan layanan manual. JMO juga kompatibel dengan kebutuhan peserta BPJS, khususnya generasi muda yang terbiasa dengan teknologi. Namun, kurangnya literasi digital menjadi kendala dalam adopsi secara luas. Fitur yang ada pada JMO dinilai cukup mudah diujicoba, tetapi manfaatnya belum sepenuhnya dapat dirasakan oleh sebagian peserta terutama yang kurang terbiasa dengan teknologi digital dan terdapat kendala pada verifikasi biometric yang dirasakan oleh pengguna yang ingin melakukan klaim JHT yang mengharuskan peserta untuk datang ke kantor cabang.

Item Type: Thesis (S1)
Supervisors: Dr. Hendri Koeswara, S.IP., M.Soc.Sc; Dr. Roni Ekha Putera, S.IP., M.PA
Uncontrolled Keywords: Inovasi Pelayanan, Peningkatan Kualitas Layanan, Jaminan Hari Tua,Jamsostek Mobile (JMO), BPJS Ketenagakerjaan.
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > S1 Administrasi Publik
Depositing User: S1 Administrasi Public
Date Deposited: 15 Apr 2025 03:58
Last Modified: 15 Apr 2025 03:58
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/492866

Actions (login required)

View Item View Item