Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Kualitas Pelayanan Publik pada Pengguna Aplikasi SIRANCAK (Perspektif Masyarakat)

Anysa, Hardi (2025) Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Kualitas Pelayanan Publik pada Pengguna Aplikasi SIRANCAK (Perspektif Masyarakat). S1 thesis, Universitas Andalas.

[img] Text
Cover dan Abstrak.pdf - Published Version

Download (138kB)
[img] Text (Bab 1)
BAB 1.pdf - Published Version

Download (515kB)
[img] Text
Bab 7 Kesimpulan.pdf - Published Version

Download (118kB)
[img] Text
Daftar Pustaka.pdf - Published Version

Download (278kB)
[img] Text
Skripsi fulltext.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (5MB)

Abstract

ABSTRAK Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui faktor-faktor yang mempengaruhi kualitas pelayanan publik pada pengguna aplikasi SIRANCAK serta menentukan faktor mana yang paling berpengaruh dan penting bagi masyarakat untuk meningkatkan kualitas pelayanan publik. Dalam era digital, masyarakat memiliki harapan tinggi terhadap informasi dan sistem yang mereka gunakan. Informasi yang akurat, tepat waktu, relevan, dan konsisten penting untuk membangun kepercayaan dan mempertahankan pengguna. Selain itu, kualitas sistem, seperti kecepatan akses, kemudahan navigasi, dan stabilitas, juga memengaruhi pengalaman pengguna. Sistem yang lambat atau sering mengalami gangguan akan menurunkan efektivitas layanan dan menimbulkan ketidakpuasan. Karena itu, diperlukan evaluasi menyeluruh untuk memastikan aplikasi SIRANCAK dapat memenuhi ekspektasi masyarakat dan meningkatkan kualitas pelayanan publik. Teori yang digunakan dalam penelitian ini adalah teori kesuksusesan sistem informasi oleh DeLone dan McLean dan teori kualitas pelayanan publik oleh Valerie Zeithaml. Metode penelitian ini adalah metode kuantitatif dengan jenis penelitian eksplanatif. Data diperoleh melalui penyebaran kuesioner kepada 100 responden, yang dipilih menggunakan metode multi stage random sampling. Analisis data menggunakan aplikasi SPSS 25 dengan pengujian hipotesis menggunakan uji kendall tau. Berdasarkan pengujian tersebut diperoleh kesimpulan bahwa, terdapat pengaruh siginfikan antara kualitas sistem (X1) mempengaruhi kualitas pelayanan publik pada pengguna aplikasi SIRANCAK dari perspektif masyarakat (Y) dengan nilai signifikansi 0,00 dan koefisien korelasi 0,381 dan kualitas informasi (X2) mempengaruhi kualitas pelayanan publik pada pengguna aplikasi SIRANCAK dari perspektif masyarakat (Y) dengan nilai koefisien korelasi 0,482. Kata Kunci : Kualitas Sistem, Kualitas Informasi, Kualitas Pelayanan Publik, Aplikasi SIRANCAK.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: J Political Science > JA Political science (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > S1 Ilmu Politik
Depositing User: s1 Ilmu politik
Date Deposited: 15 Apr 2025 05:02
Last Modified: 15 Apr 2025 05:02
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/492796

Actions (login required)

View Item View Item