Pengaruh Jumlah Tanaman Perumpun dan Pemangkasan Cabang Utama Terhadap Pertumbuhan dan Hasil Kacang Tanah (Arachis hypogaea, L.)

RESTY, ISMI LESTARI (2019) Pengaruh Jumlah Tanaman Perumpun dan Pemangkasan Cabang Utama Terhadap Pertumbuhan dan Hasil Kacang Tanah (Arachis hypogaea, L.). Diploma thesis, Universitas Andalas.

[img]
Preview
Text
cover - abstrak.pdf

Download (284kB) | Preview
[img]
Preview
Text (bab 1 pendahuluan)
1 Pendahuluan.pdf - Published Version

Download (186kB) | Preview
[img]
Preview
Text (bab 5 penutup)
5 Penutup.pdf - Published Version

Download (170kB) | Preview
[img]
Preview
Text (daftar pustaka)
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (185kB) | Preview
[img]
Preview
Text (full text)
full text.pdf - Published Version

Download (2MB) | Preview

Abstract

PENGARUH JUMLAH TANAMAN PERUMPUN DAN PEMANGKASAN CABANG UTAMA TERHADAP PERTUMBUHAN DAN HASIL TANAMAN KACANG TANAH (Arachis hypogea L.) ABSTRAK Penelitian ini telah dilaksanakan dari Juni 2017 hingga Oktober 2017 di Lahan Percobaan, Universitas Andalas. Dengan tujuan melihat pertumbuhan dan hasil kacang tanah dengan pengaruh jumlah tanaman perumpun serta pemangkasan cabang utama. Penelitian dirancang berdasarkan Rancangan Faktorial dalam Rancangan Acak Kelompok (RAK) yang terdiri dari 2 faktor dengan 3 kali ulangan. Faktor pertama adalah jumlah tanaman perumpun yang terdiri dari 3 taraf A1 (1 tanaman perumpun), A2 (2 tanaman perumpun), A3 (3 tanaman perumpun). Faktor kedua adalah pemangkasan cabang utama yang terdiri dari 3 taraf B0 (tanpa pemangkasan), B1 (dipangkas dengan meninggalkan 2 cabang utama), B2 (dipangkas dengan meninggalkan 3 cabang utama). Hasil pengamatan dianalisis dengan uji F jika hasil F hitung lebih besar dari F tabel maka dilanjutkan dengan uji Duncan‘s New Multiple Range Test pada taraf 5%. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pada jumlah tanaman perumpun yang berpengaruh terhadap jumlah cabang utama, jumlah ginofor pertanaman, jumlah polong pertanaman, bobot kering polong, bobot kering brangkasan, bobot kering angin biji perhektar dengan jumlah 3 tanaman perumpun. Hasil yang didapatkan pada jumlah cabang utama yaitu 15 buah, jumlah ginofor pertanaman yaitu 52 buah, jumlah polong pertanaman 53 buah, bobot kering polong 52,05 gram, bobot kering brangkasan 137,7 gram, bobot kering angin biji perhektar 10,84 ton/ha. Kata Kunci : Kacang Tanah, Tanaman Perumpun, Pemangkasan, Cabang Utama

Item Type: Thesis (Diploma)
Primary Supervisor: Dr.Ir.Nasrez Akhir,MS
Subjects: S Agriculture > S Agriculture (General)
Divisions: Fakultas Pertanian > Agroekoteknologi
Depositing User: S1 agroekoteknologi agroekoteknologi
Date Deposited: 18 Oct 2019 15:27
Last Modified: 18 Oct 2019 15:27
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/49234

Actions (login required)

View Item View Item