PENGARUH BRAND IMAGE TERHADAP BRAND LOYALTY IPHONE PADA MAHASISWA DI KOTA PADANG

Rahayu, Ana Latifa Sri (2025) PENGARUH BRAND IMAGE TERHADAP BRAND LOYALTY IPHONE PADA MAHASISWA DI KOTA PADANG. S1 thesis, Universitas Andalas.

[img] Text (Cover dan Abstrak)
Cover dan Abstrak.pdf - Published Version

Download (314kB)
[img] Text (BAB I (Pendahuluan))
BAB I (Pendahuluan).pdf - Published Version

Download (236kB)
[img] Text (BAB V (Penutup))
BAB V (Penutup).pdf - Published Version

Download (159kB)
[img] Text (Daftar Pustaka)
Daftar Pustaka.pdf - Published Version

Download (194kB)
[img] Text (Full Text_Ana Latifa Sri Rahayu)
Full Text_Ana Latifa Sri Rahayu.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (5MB)

Abstract

Mahasiswa merupakan individu yang sedang menempuh pendidikan di perguruan tinggi yang sebagian besar berusia 18-25 tahun dan saat ini termasuk Generasi Z, yaitu kelompok yang lahir antara tahun 1997 hingga 2012 (berusia 12-27 tahun). Generasi ini dikenal sebagai generasi digital karena tumbuh di era teknologi dan terbiasa menggunakan perangkat digital sejak usia dini. Pada perkembangan teknologi saat ini, smartphone menjadi perangkat yang paling banyak digunakan dan berperan penting dalam mendukung aktivitas akademik bagi mahasiswa. Salah satu smartphone yang populer adalah iPhone, karena keunggulannya dalam mendukung kebutuhan akademik. Hal ini mengakibatkan meningkatnya brand loyalty iPhone pada mahasiswa di kota Padang. Salah satu faktor yang dapat meningkatkan brand loyalty tersebut adalah brand image. Penelitian ini bertujuan untuk melihat apakah terdapat pengaruh brand image terhadap brand loyalty iPhone pada mahasiswa di Kota Padang. Metode penelitian yang digunakan adalah metode penelitian kuantitatif. Sampel pada penelitian ini berjumlah 388 mahasiswa pengguna iPhone di Kota Padang. Metode pengambilan sampel digunakan berupa non-probability sampling dengan teknik voluntary sampling. Brand image diukur menggunakan skala yang dikembangkan oleh Cho et al. (2015) dan telah diadaptasi oleh peneliti, sedangkan brand loyalty diukur menggunakan skala dari Harris dan Goode (2004) yang juga telah diadaptasi oleh peneliti. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa terdapat pengaruh signifikan brand image terhadap brand loyalty iPhone pada mahasiswa di Kota Padang sebesar 27,5%. Hasil ini didapatkan dari Uji Regresi Linier sederhana dengan nilai p = .000 (p<.05).

Item Type: Thesis (S1)
Supervisors: Lala Septiyani Sembiring, M.Psi., Psikolog
Uncontrolled Keywords: Brand Image, Brand Loyalty, iPhone
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology
Divisions: Fakultas Kedokteran > S1 Psikologi
Depositing User: S1 Psikologi Psikologi
Date Deposited: 14 Apr 2025 02:39
Last Modified: 14 Apr 2025 02:39
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/492046

Actions (login required)

View Item View Item