ANALISIS NILAI EKONOMI DAN LINGKUNGAN PEMANFAATAN LIMBAH CAIR PABRIK KELAPA SAWIT (Studi Kasus : PT Paluta Inti Sawit (PIS), Desa Siancimun, Kecamatan Halongonan, Kabupaten Padang Lawas Utara, Provinsi Sumatera Utara )

Rika, Hannum Harahap (2019) ANALISIS NILAI EKONOMI DAN LINGKUNGAN PEMANFAATAN LIMBAH CAIR PABRIK KELAPA SAWIT (Studi Kasus : PT Paluta Inti Sawit (PIS), Desa Siancimun, Kecamatan Halongonan, Kabupaten Padang Lawas Utara, Provinsi Sumatera Utara ). Diploma thesis, Universitas Andalas.

[img]
Preview
Text (Cover dan Abstrak)
abstrak.pdf - Published Version

Download (418kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Bab I)
BAB I Pendahuluan.pdf - Published Version

Download (25kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Bab 5)
BAB 5 Penutup.pdf - Published Version

Download (26kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Daftar Pustaka)
Daftar Pustaka.pdf - Published Version

Download (148kB) | Preview
[img] Text (Skripsi full text)
skripsi fulltext.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)

Abstract

Kehadiran pabrik kelapa sawit berpotensi memberikan manfaat ekonomi, namun dapat mengakibatkan gangguan dan kerusakan terhadap lingkungan hidup karena limbah cair dari produk sampingan pengolahan CPO mengandung zat beracun dan bahan organik yang tinggi. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan bagaimana pengelolaan limbah cair pabrik kelapa sawit (PKS) yang dilakukan di PT PIS (Paluta Inti Sawit), dan mengestimasi nilai ekonomi dan nilai lingkungan dari pengelolaan limbah cair tersebut. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif dan kuantitatif. Penelitian menggunakan analisis pendapatan untuk mengestimasi nilai ekonomi, dan analisis replacement cost dan cost of illness untuk mengestimasi manfaat social sebagai nilai lingkungan. Metode pengambilan sampel yang digunakan adalah disengaja (purposive sampling) dengan jumlah responden sebanyak 50 responden. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pengelolaan limbah cair PKS yang dilakukan PT PIS adalah Instalasi Pengolahan Air Limbah (IPAL) dan Land Aplication. Upaya ini dinilai sangat efektif dan ekonomis karena dapat meminimalkan dampak negative dan memaksimalkan dampak positif terhadap lingkungan dan tanaman kelapa sawit. Diketahui nilai ekonomi dari pengelolaan limbah cair sebesar Rp 29.044.924.420 per tahun atas pengadaan pupuk cair organic melalui land aplication. Nilai lingkungan diperoleh dalambentuk manfaat social berupa pencegahan biaya pengobatan yang dilihat dari potensi biaya berobat masyarakat tahun 2016 sebesar 108.500.175/tahun dan ketersediaan air bersih yang dilihat dari potensi biaya pengganti air masyarakat tahun 2016 sebesar Rp 16.468.200/tahun. Kata Kunci: Nilai Ekonomi, Pengobatan, Biaya Pengganti, Air bersih, Limbah Cair, Pabrik Kelapa Sawit

Item Type: Thesis (Diploma)
Primary Supervisor: Prof, Ir. Helmi, M.Sc
Subjects: S Agriculture > S Agriculture (General)
Divisions: Fakultas Pertanian > Agribisnis
Depositing User: s1 agribisnis agribisnis
Date Deposited: 31 Jul 2019 09:49
Last Modified: 31 Jul 2019 09:49
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/49195

Actions (login required)

View Item View Item