PENGELOLAAN DANA SIAP PAKAI DALAM ANGGARAN PENDAPATAN BELANJA NEGARA UNTUK KEPERLUAN PENANGGULANGAN BENCANA DI KABUPATEN PADANG PARIAMAN

Iqbal Pratama, Wirda (2019) PENGELOLAAN DANA SIAP PAKAI DALAM ANGGARAN PENDAPATAN BELANJA NEGARA UNTUK KEPERLUAN PENANGGULANGAN BENCANA DI KABUPATEN PADANG PARIAMAN. Diploma thesis, Universitas Andalas.

[img]
Preview
Text (Cover dan Abstrak)
Cover dan Abstrak.pdf - Published Version

Download (114kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Bab I)
Bab I.pdf - Published Version

Download (226kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Bab IV)
Bab IV.pdf - Published Version

Download (94kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Daftar Pustaka)
Daftar Pustaka.pdf - Published Version

Download (105kB) | Preview
[img] Text (Skripsi Fzull Text)
Skripsi Full.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

ABSTRAK Penelitian ini mengkaji tentang pengelolaan penanggulangan bencana pada status tanggap darurat dengan sumber dana yang bernama dana siap pakai yang bersumber dari APBD dan kedudukan dana siap pakai dalam sistem peraturan perundang-undangan di Indonesia, dan bertujuan untuk meneliti peruntukan dan penggunaan ketentuan Dana Siap Pakai dalam APBD Kabupaten Padang Pariaman serta bagaimana pertanggungjawaban Pemerintah Daerah terhadap Dana Siap pakai. Penelitian hukum normatif ini menggunakan pendekatan konseptual, yuridis sosiologis yang penerapannya disesuaikan dengan kebutuhan. Dengan menggunakan beragam teori yang digagas dan tercantum dalam undang-undang, hasil penelitian ini menunjukkan bahwa seharusnya pemerintah daerah harus membentuk peraturan perundang-undangan terkait tentang sumber dana siap pakai dalam APBN dan APBD berdasarkan asas otonomi yang diakui dan potensi bencana yang dimiliki Kabupaten Padang Pariaman. Hasil penelitian juga menunjukkan bahwa dana siap pakai hanya bersumber pada salah satu pengelola keuangan baik itu Negara atau daerah. Dana siap pakai belum memiliki suatu kerangka acuan secara eksplisit, hanya sebatas pasal yang tercantum dalam undang-undang dan pengembangan jangka panjang dan menengah daerah Kabupaten Padang Pariaman.

Item Type: Thesis (Diploma)
Primary Supervisor: Dr. Hengki Andora, S.H., LL.M
Subjects: K Law > K Law (General)
Divisions: Fakultas Hukum
Depositing User: S1 Ilmu Hukum
Date Deposited: 31 Jul 2019 14:30
Last Modified: 31 Jul 2019 14:30
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/49182

Actions (login required)

View Item View Item