Pengaruh Pendidikan Kesehatan Dengan Heyzine Flipbook Terhadap Pengetahuan dan Kesiapsiagaan Siswa Menghadapi Bencana Banjir di SMAN 7 Padang

Yunita, Amanda Rahma (2025) Pengaruh Pendidikan Kesehatan Dengan Heyzine Flipbook Terhadap Pengetahuan dan Kesiapsiagaan Siswa Menghadapi Bencana Banjir di SMAN 7 Padang. S1 thesis, Universitas Andalas.

[img] Text (Cover & Abstrak)
Cover & Abstrak.pdf - Published Version

Download (605kB)
[img] Text (BAB 1)
BAB I.pdf - Published Version

Download (227kB)
[img] Text (BAB VII)
BAB VII.pdf - Published Version

Download (174kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (244kB)
[img] Text (FULL TEXT SKRIPSI)
FULL TEXT SKRIPSI.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (4MB) | Request a copy

Abstract

Banjir menjadi bencana paling sering terjadi hingga awal bulan Oktober 2024, dengan 859 kejadian di Indonesia. Kerugian yang ditimbulkan berkaitan erat dengan tingkat pengetahuan dan kesiapsiagaan. Remaja, sebagai agen perubahan, berperan penting meningkatkan kesadaran di lingkungan sekitarnya. Pendidikan kesehatan interaktif, seperti heyzine flipbook, dapat membantu meningkatkan pengetahuan dan kesiapsiagaan remaja dengan cara yang menarik, dan sesuai dengan berbagai tipe belajar. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh pendidikan kesehatan dengan heyzine flipbook terhadap pengetahuan dan kesiapsiagaan siswa mengahadapi bencana banjir di SMAN 7 Padang. Penelitian ini merupakan penelitian Quasy Experimental dengan rancangan Pretest Postest Nonequivalent Control Group Design. Sampel dalam penelitian ini sebanyak 53 siswa kelompok intervensi dan 53 siswa kelompok kontrol. Hasil Uji statistik menunjukkan skor pretest pengetahuan pada kelompok intervensi dengan median12,00 (tinggi) dan kelompok kontrol dengan median 12,00 (tinggi), skor posttest pengetahuan pada kelompok intervensi dengan median 15,00 (sangat tinggi) dan kelompok kontrol dengan median12,00 (tinggi), skor pretest kesiapsiagaan pada kelompok intervensi dengan median16,00 (tinggi) dan kelompok kontrol dengan median16,00 (tinggi), skor posttest kesiapsiagaan pada kelompok intervensi dengan median 19,00 (sangat tinggi) dan kelompok kontrol dengan median16,00 (tinggi). Terdapat pengaruh pendidikan kesehatan dengan heyzine flipbook terhadap pengetahuan dan kesiapsiagaan dengan p-value 0,000 (p<0,05), yang berarti terdapat pengaruh yang signifikan. Disarankan media penelitian ini menjadi referensi dan acuan, serta bahan pertimbangan bagi peneliti selanjutnnya.

Item Type: Thesis (S1)
Supervisors: Dr. Emil Huriani, S.Kp., M.N; Ns. Tiurmaida Simandalahi, M.Kep
Uncontrolled Keywords: Pendidikan Kesehatan; Bencana; Banjir; Pengetahuan; Kesiapsiagaan
Subjects: R Medicine > RT Nursing
R Medicine > RZ Other systems of medicine
Divisions: Fakultas Keperawatan > S1 Keperawatan
Depositing User: Program S1 Keperawatan
Date Deposited: 11 Apr 2025 08:02
Last Modified: 11 Apr 2025 08:02
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/491790

Actions (login required)

View Item View Item