Faktor Penyebab Konflik Politik Antara Masyarakat Dengan PT.Hitay Daya Energi Dalam Pembangunan Geothermal di Kabupaten Solok

Andika, Purnama (2019) Faktor Penyebab Konflik Politik Antara Masyarakat Dengan PT.Hitay Daya Energi Dalam Pembangunan Geothermal di Kabupaten Solok. Diploma thesis, Universitas Andalas.

[img]
Preview
Text (Cover dan Abstrak)
cover dan abstrak.pdf - Published Version

Download (140kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Bab 1 Pendahuluan)
BAB I pendahuluan.pdf - Published Version

Download (267kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Bab VI Penutup)
BAB VI penutup.pdf - Published Version

Download (115kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Daftar Pustaka)
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (206kB) | Preview
[img] Text (Skripsi Full Text)
Skripsi Full Text.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

ABSTRAK Andika Purnama. 1410832010. Faktor Penyebab Konflik Politik Antara Masyarakat Dengan PT.Hitay Daya Energi Dalam Pembangunan Geothermal di Kabupaten Solok. Jurusan Ilmu Politik. Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik. Universitas Andalas. Padang. 2019 dibimbing oleh Pembimbing I Dr. Tengku Rika, S.IP, MA dan Pembimbing II Dewi Anggraini S.IP, M.Si. Skripsi ini terdiri dari + 97 Halaman dengan 27 referensi buku, 1 Skripsi, 4 Jurnal Ilmiah, 17 situs internet serta 4 Peraturan Perundang-Undangan. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh adanya proyek geothermal sehingga memicu Konflik Politik Antara Masyarakat Dengan PT.Hitay Daya Energi Dalam Pembangunan Geothermal di Kabupaten Solok. Faktor penyebab konflik politik menurut Soeripto adalah pertama kebutuhan (needs), kedua persepsi (perseption), ketiga kekuasaan (power), keempat nilai (value), kelima perasaan atau emosi (feeling and emotion). Aktor konflik menurut Surbakti individu, kelompok dan pemerintah.Penelitian ini bertujuan untuk menjelaskan apa faktor penyebab konflik politik antara masyarakat dengan PT.Hitay Daya Energi dalam pembangunan geothermal di Kabupaten Solok dan siapa saja aktor dan peranannya dalam konflik tersebut. Teori yang digunakan dalam penelitian ini teori Faktor Penyebab Konflik Politik dan Aktor-Aktor Konflik. Pendekatan penelitian ini dilakukan secara kualitatif, tipe penelitian adalah tipe deskriptif. Data dikumpulkan dengan wawancara mendalam (Deep Interview) terhadap responden. Pengambilan responden dengan teknik Purposive Sampling. Unit Analisis data adalah individu-individu, Selanjutnya Analisis data dilakukan dengan menggunakan Analisis, dan Uji Keabsahan Data (Triangulasi Data) dilakukan dengan wawancara bersama informan ketiga yang tahu dengan permasalahan namun tidak terlibat konflik. Temuan dilapangan memperlihatkan terdapat 6 (enam) faktor penyebab konflik politik: adanya perebutan sumberdaya ekonomi, kurang maksimalnya sosialisasi tentang pembangunan geothermal kepada masyarakat, kecemasan masyarakat untuk meninggalkan pemukiman mereka selama ini, minimnya keterlibatan masyarakat dalam proses pembangunan geothermal, adanya intimidasi kepada masyarakat setempat, adanya kriminalisasi dan penangkapan beberapa tokoh masyarakat yang menolak pembangunan geothermal. Selanjutnya aktor-aktor konflik ada 3 (tiga) aktor: Aliansi Masyarakat Salingka Gunung Talang, Pemerintah (Pemerintah Daerah Kabupaten Solok, Pemerintah Provinsi Sumatera Barat, Kepolisian Polres Arosuka Kabupaten Solok), PT.Hitay Daya Energi. Kata Kunci : Aliansi Masyarakat Salingka Gunung Talang, PT.Hitay Daya Energi, Faktor Penyebab Konflik Politik, Konflik Politik, Aktor-Aktor Konflik, Geothermal.

Item Type: Thesis (Diploma)
Primary Supervisor: Dr. Tengku Rika Valentina, MA
Subjects: J Political Science > JA Political science (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Ilmu Politik
Depositing User: s1 Ilmu politik
Date Deposited: 31 Jul 2019 14:01
Last Modified: 31 Jul 2019 14:01
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/49172

Actions (login required)

View Item View Item