Hubungan Pengetahuan Berita Hoax di Facebook pada Masyarakat dengan Tingkat Kepercayaan pada Calon Presiden dan Wakil Presiden Tahun 2019

Syantiaga, Sutirta (2019) Hubungan Pengetahuan Berita Hoax di Facebook pada Masyarakat dengan Tingkat Kepercayaan pada Calon Presiden dan Wakil Presiden Tahun 2019. Masters thesis, Universitas Andalas.

[img]
Preview
Text (Cover dan Abstrak)
Cover abstrak syanti.pdf - Published Version

Download (314kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
BAB I Syanti.pdf - Published Version

Download (412kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB V)
BAB V Syanti.pdf - Published Version

Download (96kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Daftar Pustaka)
DAFTAR PUSTAKA Syanti.pdf - Published Version

Download (205kB) | Preview
[img] Text (Skripsi Full Syantiaga Sutirta)
Skripsi Syanti.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

ABSTRAK Hubungan Pengetahuan Berita Hoax di Facebook pada Masyarakat dengan Tingkat Kepercayaan pada Calon Presiden dan Wakil Presiden Tahun 2019 Oleh: Syantiaga Sutirta Bp. 1510862001 Pembimbing: Dr. Elva Ronaning Roem, M.Si Rinaldi, M.I.Kom Media sosial Facebook merupakan salah satu media yang memiliki banyak fungsi, salah satunya adalah sebagai wadah untuk menerima informasi. Tahun 2019 merupakan tahun politik bagi masyarakat Indonesia karena akan diadakan pemilihan umum untuk pergantian presiden dan wakilnya. Setiap informasi mengenai pasangan calon presiden dan wakilnya menjadi ramai diberitakan pada seluruh media. Namun, tidak semua berita tersebut benar. Hoax mengenai kedua pasangan calon ini banyak ditemukan pada media sosial, salah satunya Facebook. Tingkat kepercayaan masyarakat akan berbeda-beda terhadap kedua pasangan calon ini setelah membaca berita hoax tersebut. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui hubungan antara dampak, kedekatan, keaktualan, ketokohan, kebaharuan, dan konflik, dengan tingkat kepercayaan masyarakat pada calon presiden dan wakil presiden di pemilihan umum tahun 2019. Penelitian ini adalah penelitian survei dengan pendekatan kuantitatif dengan populasi 592.192 masyarakat Kota Padang yang telah terdaftar pada Daftar Pemilih Tetap tahun 2019. Pengambilan sampel dilakukan dengan menggunakan rumus Slovin yaitu sampel berjumlah 100 dan dengan menggunakan teknik pengambilan sampel yaitu multistage random sampling. Analisis data menggunakan korelasi spearman rank, yaitu uji korelasi yang berguna untuk melihat hubungan antara dua variabel. Hasil penelitian diketahui bahwa berita hoax di Facebook memiliki hubungan yang positif dengan tingkat kepercayaan masyarakat pada calon presiden dan wakil presiden di pemilihan umum tahun 2019, dengan catatan kekuatan hubungan tergolong rendah pada sub variabel dampak, kedekatan, ketokohan, kebaharuan, konflik, dan tidak sub variabel aktual tidak memiliki hubungan dengan tingkat kepercayaan. Kata Kunci: Berita Hoax, Pengetahuan, Tingkat Kepercayaan, Calon Presiden dan Wakil Presiden. ABSTRACT The Corelation of Hoax’s News Knowledge on Facebook to The Audience with Confidance Society to Candidate of Presidential in 2019 By: Syantiaga Sutirta Bp. 1510862001 Supervisor: Dr. Elva Ronaning Roem, M.Si Rinaldi, MIKom Facebook is one of medium that has many functions, one of which is as a place to receive information. 2019 was a year of politics for the people of Indonesia for the general election will be held for the change of president and vice president. Any information regarding the president and vice president candidates become crowded reported in all media. However, not all the news is true. Hoax about both candidates is usually found in social media, one of them up. The level of public trust will be different to the two candidates after reading the news of the hoax. The purpose of this study was to determine the relationship between the impact, proximity, timeliness, prominence, novelty, and conflict, with the level of public confidence in the candidates for president and vice president in the general election in 2019. This study is a survey research with a quantitative approach with a population of 592.192 people of Padang who have registered on the voters list in 2019. Sampling was done by using the formula Slovin is totaling 100 samples and using a sampling technique that multistage random sampling. Data analysis using Spearman rank correlation, the correlation that is useful to look at the relationship between two variables. The survey results revealed that the news hoax on Facebook has a positive correlation with the level of public confidence in the candidates for president and vice president in the general election in 2019, with record strength of the relationship is relatively low in the sub-variable impact, proximity, prominance, novelty, conflict, and sub-variable timeliness is not related with confidence. Keywords: Hoax’s News, Knowledge, Confidence, Candidates for President and Vice President.

Item Type: Thesis (Masters)
Primary Supervisor: Dr. Elva Ronaning Roem, M.Si
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Ilmu Komunikasi
Depositing User: s1 ilmu komunikasi
Date Deposited: 30 Jul 2019 17:43
Last Modified: 30 Jul 2019 17:43
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/49141

Actions (login required)

View Item View Item