PENDUGAAN KANDUNGAN KARBOHIDRAT DAN PROTEIN BIJI BUAH MARKISA MANIS (Passiflora ligularis) MENGGUNAKAN JARINGAN SARAF TIRUAN (JST) BERDASARKAN SPEKTROSKOPI NEAR INFRARED (NIR)

DIANA, PEBRIANI DAULAY (2019) PENDUGAAN KANDUNGAN KARBOHIDRAT DAN PROTEIN BIJI BUAH MARKISA MANIS (Passiflora ligularis) MENGGUNAKAN JARINGAN SARAF TIRUAN (JST) BERDASARKAN SPEKTROSKOPI NEAR INFRARED (NIR). Masters thesis, Universitas Andalas.

[img]
Preview
Text
Cover + Abstrak.pdf - Published Version

Download (425kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf - Published Version

Download (295kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf - Published Version

Download (269kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Daftar Pustaka.pdf - Published Version

Download (429kB) | Preview
[img] Text
Full Text.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (5MB)

Abstract

Penelitian ini berjudul “Pendugaan Kandungan Karbohidrat dan Protein Biji Buah Markisa Manis (Passiflora ligularis) Menggunakan Jaringan Saraf Tiruan (JST) Berdasarkan Spektroskopi Near Infrared (NIR)” dengan tujuan (1) untuk mengembangkan metode jaringan saraf tiruan dalam memprediksi kandungan karbohidrat dan protein biji buah markisa manis dan (2) mempelajari pengaruh hubungan variasi jumlah PC dan variasi jumlah neuron dalam menghasilkan model prediksi terbaik dari tiga tingkat kematangan yaitu 120 HSB, 130 HSB dan 140 HSB. Metode penelitian ini menggunakan metode eksperimen dengan melakukan beberapa tahapan pengambilan data yaitu tahapan pengukuran data spektra NIR dan tahapan pengukuran data kimia biji buah markisa manis di laboratorium. Analisis data kimia hasil di laboratorium menggunakan ANOVA dan uji lanjut Duncan untuk melihat pengaruh tingkat kematangan terhadap parameter, sedangkan analisis komponen utama untuk memperoleh masukan dengan SPSS 19 dan analisis JST untuk memperoleh nilai prediksi menggunakan Matlab R2014a. Penelitian ini menghasilkan model terbaik untuk menduga kandungan karbohidrat dan protein biji buah markisa manis secara berturut-turut (input-neuron-output) yaitu 7 -7 -1 dan 11 - 15 -1 (hijau), 11-15-1 dan 11–9-1 (hijau orange) serta 11-9-1 dan 11-7-1 (orange dan keseluruhan). Selain itu, hubungan variasi jumlah PC dan variasi jumlah neuron menghasilkan prediksi terbaik dari ketiga tingkat kematangan yaitu 11 PC-9 neuron pada tingkat kematangan orange dengan nilai MSE validasi terbaik sebesar 0,034383 (kandungan karbohidrat) dan 11 PC-9 neuron tingkat kematangan hijau orange (kandungan protein) dengan nilai MSE validasi terbaik sebesar 0,028644.

Item Type: Thesis (Masters)
Primary Supervisor: Dr. Andasuryani, S.TP, M.Si
Uncontrolled Keywords: Biji Buah Markisa Manis, Jaringan Saraf Tiruan, Karbohidrat, Near Infrared, Neuron, PC, Protein, Tingkat Kematangan
Subjects: S Agriculture > S Agriculture (General)
Divisions: Pascasarjana (Tesis)
Depositing User: s2 teknik pertanian
Date Deposited: 30 Jul 2019 14:50
Last Modified: 30 Jul 2019 14:50
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/49083

Actions (login required)

View Item View Item