Pengaruh Personal Branding “GEMOY” Prabowo Terhadap Preferensi Memilih Pemilih Pemula pada Pemilihan Presiden Tahun 2024 Di Kota Padang

Edel, Diva Augusty (2025) Pengaruh Personal Branding “GEMOY” Prabowo Terhadap Preferensi Memilih Pemilih Pemula pada Pemilihan Presiden Tahun 2024 Di Kota Padang. S1 thesis, Universitas Andalas.

[img] Text (COVER DAN ABSTRAK)
Cover dan Abstrak.pdf - Published Version

Download (302kB)
[img] Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
BAB 1 PENDAHULUAN.pdf - Published Version

Download (263kB)
[img] Text (BAB 5 KESIMPULAN DAN SARAN)
BAB 5 KESIMPULAN DAN SARAN.pdf - Published Version

Download (124kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (285kB)
[img] Text (FULL TEXT SKRIPSI)
Full Text Skripsi - Diva Augusty Edel.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (3MB) | Request a copy

Abstract

Personal Branding dalam bidang politik dijadikan sebagai alat untuk menarik perhatian pemilih melalui penciptaan kesan yang khas dan selaras dengan tujuan si pelaku personal brand. Kepopuleran “gemoy” melalui berbagai konten unik dan kekinian diikuti strategi yang matang sebagai bentuk personal branding Prabowo pada masa pemilihan presiden tahun 2024, berhasil meraih kepopuleran di kalangan pemilih pemula. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh personal branding gemoy tersebut terhadap preferensi memilih pemilih pemula di Kota Padang. Teori penggabungan informasi menjadi dasar dari penelitian ini untuk melihat pengaruh kekuatan informasi pada personal branding gemoy terhadap pembentukan sikap. Penelitian ini dilakukan secara kuantitatif dengan teknik analisis regresi linear sederhana. Pengumpulan data pada penelitian ini dilakukan dengan metode survei terhadap 100 pemilih pemula Kota Padang melalui teknik area probability sampling. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kekuatan personal branding gemoy Prabowo pada pemilih pemula berada di kategori tinggi sebesar 76% yang diukur dari sebelas kriteria autentik personal branding Rampersad. Personal branding ini dinilai memiliki keautentikan, spesialisasi, otoritas, keberbedaan, visibilitas, dan kinerja yang kuat. Sedangkan, tingkat preferensi memilih pemilih pemula Kota Padang pada pilpres 2024 yang diukur menggunakan indikator pembentukan sikap Azwar, berada pada kategori sedang sebesar 68%. Preferensi memilih mereka dalam pilpres tahun 2024 lebih didominasi oleh aspek afektif (emosional). Hasil pengujian terhadap kedua variabel pun menunjukkan personal branding gemoy Prabowo memang berpengaruh signifikan terhadap preferensi memilih pemilih pemula Kota Padang sebanyak 75,2% dan sisanya 24,8% dipengaruhi oleh faktor lain yang tidak diteliti dalam penelitian ini.

Item Type: Thesis (S1)
Supervisors: Revi Marta, M.I.Kom Novi Elian, S.P., M.Si
Uncontrolled Keywords: Gemoy Prabowo, Personal Branding, Preferensi Memilih, Teori Penggabungan Informasi
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > S1 Ilmu Komunikasi
Depositing User: s1 ilmu komunikasi
Date Deposited: 21 Mar 2025 03:20
Last Modified: 21 Mar 2025 03:20
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/490727

Actions (login required)

View Item View Item