ANALISIS PENGARUH BAURAN PEMASARAN TERHADAP MINAT BELI KONSUMEN PRODUK SIRUP MARKISA PADA USAHA AGROINDUSTRI RUMAH MARKISA NOERLEN DI KOTA MEDAN

Melly, Wardani Nasution (2025) ANALISIS PENGARUH BAURAN PEMASARAN TERHADAP MINAT BELI KONSUMEN PRODUK SIRUP MARKISA PADA USAHA AGROINDUSTRI RUMAH MARKISA NOERLEN DI KOTA MEDAN. S1 thesis, Universitas Andalas.

[img] Text (Cover dan Abstrak)
COVER & ABSTRAK.pdf - Published Version

Download (86kB)
[img] Text (Bab I Pendahuluan)
BAB I PENDAHULUAN.pdf - Published Version

Download (182kB)
[img] Text (Bab V Kesimpulan dan Saran)
BAB V KESIMPULAN DAN SARAN.pdf - Published Version

Download (65kB)
[img] Text (Daftar Pustaka)
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (204kB)
[img] Text (Skripsi full text)
SKRIPSI FULL TEXT_MELLY.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (3MB) | Request a copy

Abstract

Minat beli dipengaruhi oleh pengalaman konsumen terkait harga, merek, promosi, iklan, layanan, suasana dan lokasi. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan profil usaha, bauran pemasaran dan minat beli produk sirup markisa Noerlen, serta menganalisis pengaruh bauran pemasaran terhadap minat beli konsumen. Penelitian dilakukan pada Rumah Markisa Noerlen yang terletak di Kota Medan. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kuantitatif dengan pendekatan survei dan analisis Regresi Logistik untuk mengetahui pengaruh bauran pemasaran terhadap minat beli. Sampel ditentukan dengan menggunakan teknik accidental sampling melalui rumus Linear Time Funtion. Jumlah sampel adalah 63 responden. Variabel-variabel pada penelitian ini yaitu independent variable (produk, harga, tempat, promosi, orang, proses, bukti fisik) dan dependent variable (minat beli). Hasil penelitian menunjukkan bahwa usaha ini didirikan pada tahun 1985. Produk yang dihasilkan tanpa bahan pengawet sintetis, dengan harga mulai dari Rp 50.000 – Rp. 160.000. Penjualan dilakukan offline di outlet dan online melalui marketplace. Promosi dilakukan melalui media sosial, penjualan perseorangan, sponsorship dan pemasaran langsung. Karyawan memberikan pelayanan secara informatif dan tepat waktu. Proses pembayaran tersedia secara tunai dan nontunai. Bukti fisik di outlet memiliki nuansa khas batak dengan aroma yang wangi. Sebanyak 77,8% responden menyatakan berminat, sementara 22,2% responden menyatakan tidak berminat. Uji regersi logistik menunjukkan bahwa secara simultan semua variabel bebas berpengaruh signifikan terhadap minat beli. Secara parsial variabel produk, tempat, promosi dan bukti fisik berpengaruh signifikan terhadap minat beli sirup markisa Noerlen. Pelaku usaha diharapkan dapat melakukan inovasi pada kemasan, memperluasan distribusi, aktif dalam mempromosikan secara online dan memperluas fasilitas tempat parkir agar konsumen lebih nyaman ketika berkunjung.

Item Type: Thesis (S1)
Supervisors: Rian Hidayat, S.P., M.M
Uncontrolled Keywords: Bauran Pemasaran, Minat Beli, Regresi Logistik, Sirup Markisa
Subjects: S Agriculture > S Agriculture (General)
Divisions: Fakultas Pertanian > S1 Agribisnis
Depositing User: s1 agribisnis agribisnis
Date Deposited: 20 Mar 2025 03:10
Last Modified: 20 Mar 2025 03:10
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/490457

Actions (login required)

View Item View Item