ANALISIS RISIKO PRODUKSI KOPI ROBUSTA DI JORONG PINCURAN TUJUAH, NAGARI BATIPUH BARUAH, KECAMATAN BATIPUH, KABUPATEN TANAH DATAR

Sahnas, Hidayah (2019) ANALISIS RISIKO PRODUKSI KOPI ROBUSTA DI JORONG PINCURAN TUJUAH, NAGARI BATIPUH BARUAH, KECAMATAN BATIPUH, KABUPATEN TANAH DATAR. Diploma thesis, Universitas Andalas.

[img]
Preview
Text (Cover dan Abstrak)
Cover dan Abstrak.pdf - Published Version

Download (216kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I PENDAHULUAN)
BAB I PENDAHULUAN.pdf - Published Version

Download (340kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB V KESIMPULAN DAN SARAN)
BAB V KESIMPULAN DAN SARAN.pdf - Published Version

Download (195kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR PUSTAKA)
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (203kB) | Preview
[img] Text (Skripsi Full Text)
Skripsi Full Text.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini dilaksanakan di Jorong Pincuran Tujuah, Nagari Batipuh Baruah, Kecamatan Batipuh, Kabupaten Tanah Datar. Tujuan penelitian adalah (1) menganalisis risiko produksi yang terjadi pada kopi robusta di Jorong Pincuran Tujuah, (2) mendeskripsikan manajemen risiko yang dilakukan oleh petani pada produksi kopi robusta di Jorong Pincuran Tujuah. Penelitian ini menggunakan metode survei dengan analisis data deskriptif kualitatif dan analisis kualitatif. Hasil penelitian mengungkapkan bahwa sumber risiko produksi kopi robusta di Jorong Pincuran Tujuah yaitu hama monyet, hama musang, hama kelalawar, hama penggerek buah kopi, penyakit karat daun, penyakit bercak daun, kurang efektif dalam melakukan penyiangan, cuaca dan petani yang tidak melakukan sortasi. Berdasarkan analisis tingkat risiko produksi dengan menggunkan pemetaan risiko, risiko pada kuadran I merupakan tingkat risiko paling tinggi dengan frekuensi yang tinggi dan dampak yang juga tinggi bagi petani. Sumber risiko pada kuadran I yaitu hama penggerek buah kopi, kurang dalam penyiangan dan cuaca saat penjemuran. Strategi pengelolaan risiko yang dilakukan petani kopi Robusta di Jorong Pincuran Tujuah adalah stategi preventif dengan melakukan penyiangan dan berburu. Kata kunci: risiko produksi, sumber risiko, tingkat risiko, manajemen risiko.

Item Type: Thesis (Diploma)
Primary Supervisor: Ir. Nofialdi, M.Si
Subjects: S Agriculture > S Agriculture (General)
Divisions: Fakultas Pertanian
Depositing User: s1 agribisnis agribisnis
Date Deposited: 29 Jul 2019 16:08
Last Modified: 29 Jul 2019 16:08
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/49019

Actions (login required)

View Item View Item