PENANAMAN IDEOLOGI NASRUL SIDDIK MELALUI ANTOLOGI CERPEN SAPUTANGAN SIRAH BARAGI KEPADA MASYARAKAT MINANGKABAU KAJIAN HEGEMONI ANTONIO GRAMSCI

Yulia, Novi (2019) PENANAMAN IDEOLOGI NASRUL SIDDIK MELALUI ANTOLOGI CERPEN SAPUTANGAN SIRAH BARAGI KEPADA MASYARAKAT MINANGKABAU KAJIAN HEGEMONI ANTONIO GRAMSCI. Masters thesis, Universitas Andalas.

[img]
Preview
Text (Abstrak+Cover)
Abstrak_Cover.pdf

Download (887kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Bab I)
BAB 1. Pendahuluan.pdf - Published Version

Download (264kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Bab VII)
BAB 7. Penutup.pdf - Published Version

Download (194kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Daftar Pustaka)
Daftar Pustaka.pdf - Published Version

Download (263kB) | Preview
[img] Text (Tesis utuh)
Tesis Utuh_Oke.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

Penelitian ini mengkaji antologi cerpen Saputangan Sirah Baragi dan ideologi Nasrul Siddik pada antologi cerpen Saputangan Sirah Baragi, menggunakan teori Hegemoni Antonio Gramsci. Objek kajian adalah teks-teks yang mengandung nilai-nilai ideologi yang terikat pada common sence dan nostalgia Nasrul Siddik. Setelah itu penelitian disertai dengan menemukan ideologi Nasrul Siddik dan cara Nasrul Siddik menanamkan ideologi di ranah kesusastraan modern Minangkabau, kemudian, menemukan epigon-epigon sebagai bentuk komparasi untuk membuktikan keberhasilan Nasrul Siddik di dalam mensosialisasikan ideolonginya. Dalam melihat proses hegemoni Nasrul Siddik pada penelitian ini dituntun oleh tiga pertanyaan, pertama, nostalgia apakah yang mempengaruhi Nasrul Siddik dalam melahirkan antologi cerpen Saputangan Sirah Baragi?; kedua, ideologi apakah yang ditanamkan Nasrul Siddik sebagai intelektual di dalam antologi cerpen Saputangan Sirah Baragi?; ketiga, apa saja proses yang dilakukan Nasrul Siddik dalam menanaman ideologi itu kepada para epigon-epigonnya? Hasil penelitian menunjukkan bahwa ingatan masa lalu berkenaan dengan agama, dan sosial budaya bagi Nasrul Siddik mempengaruhi kehadiran Saputangan Sirah Baragi. Dalam proses hegemonik, Nasrul Siddik melahirkan ideologi realisme humanis dan agar ideologi ini berterima, melahirkan epigon, Nasrul Siddik melakukan sosialisasi tanpa henti melalui surat kabar Respublika.

Item Type: Thesis (Masters)
Primary Supervisor: Dr. Khairil Anwar, M.Si
Uncontrolled Keywords: Cerpen, Ideologi, Epigon, Hegemoni, dan Media
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
Divisions: Pascasarjana (Tesis)
Depositing User: s2 ilmu linguistik
Date Deposited: 29 Jul 2019 15:13
Last Modified: 29 Jul 2019 15:13
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/48993

Actions (login required)

View Item View Item