ANALISIS TATA KELOLA PERUSAHAAN YANG BAIK PADA KOPERASI SYARIAH (STUDI KASUS PADA KOPERASI SYARIAH BMT AT-TAQWA SUMATERA BARAT)

Annisa, Ghassani Yasen (2019) ANALISIS TATA KELOLA PERUSAHAAN YANG BAIK PADA KOPERASI SYARIAH (STUDI KASUS PADA KOPERASI SYARIAH BMT AT-TAQWA SUMATERA BARAT). Diploma thesis, UNIVERSITAS ANDALAS.

[img]
Preview
Text (Cover dan abstrak)
Cover dan abstrak.pdf - Published Version

Download (548kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
BAB I-dikonversi.pdf - Published Version

Download (177kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB V)
BAB V.pdf - Published Version

Download (98kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR PUSTAKA)
DAFTAR PUSTAKA-dikonversi.pdf - Published Version

Download (194kB) | Preview
[img] Text (TUGAS AKHIR FULL)
Skripsi Lengkap-dikonversi.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menilai bagaimana penerapan tata kelola perusahaan yang baik pada Koperasi Syariah BMT At-Taqwa Muhammadiyah Sumatera Barat pada tahun 2018. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif dengan membagikan kuesioner kepada Pengurus, Pengelola, Badan Pengawas dan Dewan Pengawas Syariah. Jumlah sampel penelitian adalah sebanyak 20 orang responden, teknik pengambilan sampel dilakukan dengan cara Random Sampling. Metode analisis data yang digunakan adalah sesuai dengan penilaian mandiri (Self Assessment) dari Otoritas Jasa Keuangan (OJK) yang merujuk pada Surat Edaran (SE) OJK No.XX/SEOJK.05/2017 yang meliputi penilaian terhadap lima kriteria, yaitu (1) Pelaksanaan tugas dan tanggung jawab Pengelola, Pengurus, Badan Pengawas dan Dewan Pengawas Syariah, (2) Penerapan fungsi kepatuhan, auditor internal dan auditor eksternal, (3) Penerapan manajemen resiko, sistem pengendalian internal, dan tata kelola teknologi informasi, (4) Penerapan kebijakan remunerasi, dan (5) Transparansi kondisi keuangan dan Non Keuangan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa Koperasi Syariah BMT At-Taqwa Muhammadiyah Sumatera Barat telah penerapan prinsip-prinsip tata kelola perusahaan yang baik dengan Sangat Baik Kata kunci: Koperasi Syariah, Penerapan GCG, Penilaian Mandiri OJK

Item Type: Thesis (Diploma)
Primary Supervisor: Dr. H. Yuskar, SE, MA, Ak, CA
Subjects: H Social Sciences > HC Economic History and Conditions
Divisions: Fakultas Ekonomi > Akuntansi
Depositing User: S1 Akuntansi Akuntansi
Date Deposited: 29 Jul 2019 10:03
Last Modified: 29 Jul 2019 10:03
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/48983

Actions (login required)

View Item View Item