HANDAYANI, RANI (2014) Membangun Kapital Sosial Dalam Penjualan Mobil Merek Mitsubishi (Studi terhadap Sales Eksekutif PT. Andalas Berlian Motors Padang). S1 thesis, Universitas Andalas.
![]() |
Text (Skripsi Full Teks)
ILMU SOSIAL DAN ILMU POLITIK SOSIOLOGI 2014 RANI HANDAYANI 0910812026.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (4MB) |
Abstract
Perkembangan dan kemajuan teknologi membuat kebutuhan manusia akan mobil sebagai sebuah alat transportasi dan juga berbisnis menjadi meningkat. Sejalan dengan banyak munculnya perusahaan otomotif di kota Padang dan semakin meningkatkan persaingan didalam pemasaran dan penjualan mereka menggunakan sales eksekutif sebagai ujung tombak penjualan. Sales Eksekutif merupakan tenaga pemasaran yang bertugas untuk mempromosikan dan menawarkan barang produksi berupa kendaraan suatu perusahaan secara langsung kepada calon pembeli atau konsumen. Untuk itu mereka membutuhkan capital seperti capital sosial untuk menjalankan tugasnya sebagai seorang tenaga penjualan dan pemasaran. Pertanyaan penelitian dari skripsi ini adalah bagaimana membangun kapital sosial dalam penjualan mobil bermerek Mitsubishi. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan tipe penelitian secara deskriptif. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan cara observasi dan wawancara mendalam. Informan penelitian ditentukan dengan purposive sampling (karakteristik yang ditentukan). Penelitian ini menggunakan teori kapital social dari Robert MZ Lawang yang mempunyai 3 unsur yaitu kepercayaan, jaringan, dan juga norma, dalam menganalisis kapital sosial pada sales eksekutif. Dari hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa sales eksekutif yang bekerja di PT. Andalas Berlian Motors Padang, melakukan kerjasama antara para sales dan juga mendapatkan bantuan dari supervisor. Mereka juga mempumyai image yang baik dimata para costumer dan klien dalam hal pembelian dan juga setelah proses pembelian (delivery order) selesai. Sales eksekutif juga menumbuhkan, memupuk, dan mempertahankan kepercayaan yang diperoleh dari costumer dan klien untuk melakukan proses penjualan dan pembelian, memperluas jaringan dan memanfaatkan jaringan yang ada, Mereka menggunakan atribut tersebut sebagai penunjang identitasnya sebagai seorang sales eksekutif. Dan dengan menggunakan kapital sosial sales eksekutif dapat memenuhi target yang diberikanoleh perusahaan seliap bulannya.
Item Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Supervisors: | Drs. Rinaldi Eka Putra, M.Si; Azirwati, SH, M.Hum |
Subjects: | H Social Sciences > HM Sociology |
Divisions: | Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > S1 Sosiologi |
Depositing User: | Ms Dian Budiarti |
Date Deposited: | 07 Mar 2025 02:07 |
Last Modified: | 07 Mar 2025 02:07 |
URI: | http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/489497 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |