Pelaksanaan Prinsip Transparansi di Bidang Pelayanan Masyarakat Di Kecamatan Canduang Kabupaten Agam

Puspita, Meli (2014) Pelaksanaan Prinsip Transparansi di Bidang Pelayanan Masyarakat Di Kecamatan Canduang Kabupaten Agam. S1 thesis, Universitas Andalas.

[img] Text (Skripsi Full Teks)
ILMU SOSIAL DAN ILMU POLITIK ILMU ILMU POLITIK 2014 MELI PUSPITA 1010831004.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (22MB)

Abstract

ABSTRAK Meli Puspita, 1010831004^ Jurnsan Ilmu Politik, Fakultas Ilmu Sosial Ilmu Politik Universitas Andalas. Judui Sknpsi: Pelaksanaaa Pinsip Tranparansi di Brdaiig Pdayanan Masyarakat di Kecamatan Canduang Kabupaten Agam. Pcmbimbng: (1) Drs. Syaiful, M.si, (2) Andri Rusta, S.IP, M.PP.Skripsi terdiri dari 98 halaman, 12 referensi buku, 4 skripsi, 7 peraturan, 2 Jurnal, 4 Situs Internet, 6 Transkrip Wawancara Otonomi daerah dapat diartikan sebagai hak wewenang dan kewajiban daerah untuk mengatur dan mengurus rumah tangganya sendiri sesuai dengan peraturan perundang-undangan yang berlaku. Salah satu tjuan otonomi daerah adalah meningkatkan kualitas dan kuantitas pelayanan publik dan kesejahteraan masyarakat. Dalam pelaksanaan pelayanan kepada masyarakat dibutuhkan transparansi. Transparansi merupakan prinsip yang menunjukkan adanya keterbukaan infonnasi tentang pelayanan yang dilakukan di kecamatan. Permasalahan transparansi dibidang pelayanan masyardcat antara lain permasalahan persyaratan pelayanan, biaya pelayanan, waktu pelayanan, serta petugas pelayanan. Bertolak dari permasalahan transparannsi pelayanan dibidang masyarakat tersebut maka tujuan dari penelitian ini adalah untuk menggambarkan prinsip transparansi di bidang pelayanan masyarakat di Kecamatan Canduang. Konsep yang digunakan untuk menjawab permasalahan penelitian ini adalah konsep pelayanan publik menurut KeputusanMENPAN No.63 tahun 2003 dengan indikator prosedur pelayanan, w^iktu penyelesaian, biaya pelayanan, produk pelayanan, saranan dan prasarana, kompetensi petugas pelayanan. Serta konsep transparansi menurut Loina Lalolo Krina. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kualitatif dei^an tipe deskripdf. Proses pengambilan data dilakukan dengan wawancara, observasi, dan dokumentasi serta dokumendokumen terkait lainnya. Wawancara dilakukan bersifat mendalam dan terbuka dengan tetap berpedoman kepada pedoman wawancara. Infonnan terdiri dari informan utama dan informan triangulasi. Hasil dari penelitian ini adalah bahwa secara umum dari semua indikator pelayanan rata-rata semua prinsip pelayanan sudah beijalan dan prinsip transparansi juga sudah dilakukan. Namun pelaksanaan prinsip transparansi tersebut belum sepenuh hati. Hal ini dikaienakan ada beberapa indikator yang raasih menagalami permasalahan seperti indikator prosedur pelayanan, indikator waktu penyelesaian pelayanan, serta produk pelayanan Kata kunci: Reran Camat, Pelayanan Publik,Transparansi, Kecamatan

Item Type: Thesis (S1)
Supervisors: Drs.Syaiful,M.Si.,; Andri Rusta,S.IP.,M.PP
Uncontrolled Keywords: Kata kunci: Reran Camat, Pelayanan Publik,Transparansi, Kecamatan
Subjects: J Political Science > JA Political science (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > S1 Ilmu Politik
Depositing User: Pustakawan Marne Dardanellen
Date Deposited: 05 Mar 2025 03:28
Last Modified: 05 Mar 2025 03:28
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/489398

Actions (login required)

View Item View Item