Alasan Orang Tua Menyekolahkan Anaknya Di Sekolah Alternatif (Studi Kasus: sekolahalam minangkabau di Kota Padang)

FAJRI, DHONI (2014) Alasan Orang Tua Menyekolahkan Anaknya Di Sekolah Alternatif (Studi Kasus: sekolahalam minangkabau di Kota Padang). S1 thesis, Universitas Andalas.

[img] Text (Skripsi Full Teks)
ILMU SOSIAL DAN ILMU POLITIK SOSIOLOGI 2014 DHONO FAJRI 0810812021.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

Pendidikan penting bagi kemajuan manusia. Menyadari pentingnya pendidikan, menjadikan sekolah sebagai media untuk mewujudkan hal tersebut. Dalam pendekatan formal sekolah memiliki infrastruktur kelas, ruang perpustakaan dan kurikuliun yang ditentukan oleh pemerintah. Pada saat ini, sekolah menjadi beban bagi peserta didik. Melihat adanya kelemahan dalam sistem pendidikan nasional tersebut, muncullah sekolah alam dengan perspektif baru dalam dunia pendidikan nasional. Konsep Sekolah alam belajamya di saung/pondok dan di lingkungan sekolah (alam). Kemudian, Sekolah alam bertujuan membebaskan siswa dari beban yang diterima di sekolah konvensional. Kota Padang juga memiliki Sekolah alam dengan nama sekolahalam minangkabau, yang jumlah muridnya meningkat setiap tahunnya. Meningkatnya alasan-alasan dalam bertindak. Penelitian ini menggunakan teori Fenomenologi Alfred Schutz yang memfokuskan pada motif seseorang dalam melakukan sesuatu. Dalam penelitian ini yang dilihat adalah alasan orang tua menyekolahkan anaknya di sekolahalam minangkabau, melalui dua motif yaitu because of motive dan in order to motive. Metode yang digunakan adalah kualitatif dengan tipe penelitian deskriptif. Teknik pengumpulan data melalui observasi dan wawancara mendalam. Berdasarkan data yang ditemukan di lapangan, alasan orang tua menyekolahkan anaknya di sekolahalam Minangkabau dipicu oleh dua factor yaitu because of motive, antara lain: tenaga pengajar yang peduli perkembangan anak, fasilitas pendukung imtuk kemajuan anak, sekolah yang menerima keberagaman manusia, metode belajar tematik, dan sekolah yang membebaskan. Adapun faktor yang kedua yaitu in order to motive, antara lain : agar anak berkembang sesuai dengan karaktemya dan anak siap di era globalisasi

Item Type: Thesis (S1)
Supervisors: Dr. Maihasni, M.Si; Drs. Nini Anggraini. M.Pd
Subjects: H Social Sciences > HM Sociology
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > S1 Sosiologi
Depositing User: Ms Dian Budiarti
Date Deposited: 04 Mar 2025 02:50
Last Modified: 04 Mar 2025 02:50
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/489354

Actions (login required)

View Item View Item